Bontang (ANTARA Kaltim) - Fraksi Nasdem DPRD Kota Bontang dalam laporan Panitia Khusus Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2014 mengusulkan penggabungan kantor urusan pangan dengan bidang pertanian menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, sehingga lebih fokus dengan pembiayaannya.

Ketua Fraksi DPRD Bontang Nasdem Bakhtiar Wakkang saat dihubungi di Bontang, Kamis, mengatakan nomenklatur atau perubahan struktur organisasi dari pemerintah pusat tentang Badan Ketahanan Pangan masuk dalam struktur yang jelas.

"Karena di Bontang hanya ada Dinas Perikanan, Kelautan, Pertanian, dan Peternakan, maka supaya lebih fokus dijadikan satu sesuai dengan peruntukannya," katanya.

Menurut ia, stuktur organisasi pemerintahan harus jelas agar bidang  yang dibentuk lebih terarah dan fokus.

Bakhtiar beralasan pembentukan nomenklatur dalam bidang ketahanan pangan memang bagus, namun untuk lebih mudah dalam pemantauan sebaiknya dilakukan penggabungan di dinas tersebut.

"Struktur organisasi haruslah fokus, sehingga kinerja dan tupoksinya lebih terarah dengan bidang yang digeluti," ujarnya.

Selain meminta Pemkot Bontang untuk menggabungkan Badan Ketahanan Pangan menjadi Dinas Pertanian, Bakhtiar juga mengusulkan dinas kelautan dan perikanan juga harus berdiri sendiri karena Bontang adalah daerah maritim yang perlu penanganan lebih ekstra ketimbang pertanian.

"Kondisi Geografis Bontang lebih banyak lautan sehingga diperlukan perhatian lebih dengan struktur organisasi juga harus fokus. Ini untuk percepatan pembangunan baik pertanian dan kelautan yang masuk dalam nomenklatur ketahanan pangan," tambahnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015