Samarinda (ANTARA Kaltim) – Sembilan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim sepakat untuk melanjutkan pembahasan terhadap rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan perpustakaan.

Sembilan fraksi itu terdiri Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) dan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, fraksi Gerindra, fraksi Partai Persatuan Pembangunan (P3) dan Nasional Demokrat  (Nasdem).

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Kesatuan Bangsa dan Fraksi Hanura serta Fraksi Pantai Amanat Nasional (PAN) yang disampaikan masing-masing juru bicara.

Fraksi Partai Golkar melalui juru bicara H Mursidi Muslim menyampaikan fraksinya sangat mendukung terhadap Raperda untuk dibahas menjadi Perda Penyelenggaraan Perpustakaan guna memberikan fasilitas belajar sepanjang hayat bagi masyarakat.

Selain itu, perpustakaan sebagai pusat sumber ilmu untuk belajar masyarakat sekaligus wahana  menggalakkan promosi peningkatan minat dan gemar membaca. Termasuk, perpustakaan dijadikan pusat penelitian dan rujukan tentang pengembangan kebudayaan dan kekhasan daerah.

Karenanya, melalui penerbitan Raperda menjadi Perda Penyelenggaraan Perpustakaan diharapkan pemerintah daerah memiliki kewenangan menetapkan kebijakan dalam pembinaan dan pengembangan berbagai jenis perpustakaan di wilayah masing-masing.

Guna memudahkan pengaturan serta pengawasan sekaligus mengevaluasi terhadap pengelolaan, penyelenggaraan dan pengembangan berbagai jenis perpustakaan yang tersebar di setiap daerah.

“Kita berharap Perda Penyelenggaraan Perpustakaan yang nantinya diterbitkan mampu mendorong percepatan peningkatan minat dan kegemaran baca masyarakat, khususnya dalam mewujudkan Kaltim sebagai Provinsi Gemar Membaca,” ungkap Mursidi.

Sementara itu Fraksi PAN melalui juru bicaranya Zein Taufiqurrahman menyatakan Raperda Penyelenggraan Perpustakaan nantinya mampu mendorong pemerintah daerah dalam meningkatkan fasilitas dan kapasitas perpustakaan.

Misalnya, perpustakaan daerah milik Pemerintah Provinsi Kaltim yang saat ini sudah selayaknya dipindahkan ke lokasi yang telah disipkan untuk pembangunan gedung perpustakaan baru di sekitar kawasan Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Hal ini menurut Zein, sangat penting terutama dalam upaya pemerintah menyediakan perpustakaan provinsi yang lebih refresentatif dan memadai, sehingga mampu mendorong meningkatnya minat dan kegemaran membaca masyarakat.

Peningkatan minat dan gemar membaca masyarakat ini tentunya lanjut Zen, mampu meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan masyarakat Kaltim, terutama dalam upaya mencapai sumber daya manusia Kaltim yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

“Kami berkeyakinan keberadaan perpustkaan yang refresentatif mampu mendorong meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpustakaan  yang tentu akan berimbas pada semakin tingginya minat dan kegemaran membaca masyarakat,” ujar Zein Taufiqurrahman. (Humas Prov Kaltim/yans)

 

 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015