Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kalimantan Timur menyambut positif usulan pembentukan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Perpustakaan, karena dinilai banyak efek positif untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah setempat.

"Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan dapat meningkatkan kualitas perpustakaan lokal serta menjadi jaminan pengelolaan dan pengembangan perpustakaan yang selalu bergerak, seiring dengan pergerakan budaya dan peradaban manusia," kata juru bicara Fraksi PAN Zain Taufik Nurrohman di Samarinda, Minggu.

Ia mengatakan fraksinya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Kaltim yang telah menunjukkan kepedulian terhadap dunia membaca.

Hal ini menggambarkan usaha pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi melalui bahan bacaan yang selalu berkembang dengan akses yang mudah dan cepat.

Zain menjelaskan bahwa untuk menciptakan penyelenggaraan perpustakaan yang profesional, ada baiknya pemprov melibatkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang perpustakaan.

"Pemerintah harus melibatkan SDM yang benar-banar menguasai bidang perpustakaan serta memberikan perhatian terhadap penerimaan pustakawan, supaya pelayanan dan pengelolaan perpustakaan menjadi lebih baik," ucapnya.

Ia menambahkan Fraksi PAN juga memberikan catatan kepada pemerintah daerah terhadap kondisi kekurangan perpustakaan yang ada di Kaltim, sehingga pemerintah bisa memberikan perhatian khususnya dalam bidang SDM pustakawan melalui penerimaan CPNS yang akan datang.

Selain kurangnya tenaga pustakawan, beberapa perpustakaan di Kaltim juga masih minim koleksi buku-buku, sehingga pemprov harus melakukan pengadaan buku bacaan dan pengayaan untuk didistribusikan kepada perpustakaan-perpustakaan sekolah.

"Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa-siswi di samping mata pelajaran di sekolah, penambahan koleksi buku merupakan sebuah kebutuhan. Untuk itu, pemerintah mesti memperhatikan dan membantu untuk kemajuan pendidikan di Kaltim," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015