Bontang (ANTARA Kaltim) - Umat Hindu dan warga keturunan Tionghoa di Kota Bontang, Kalimantan Timur, menggelar kegiatan bakti sosial donor darah dan pembagian sembako untuk menyambut Hari Raya Nyepi, Senin (16/3).

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bontang I Ketut Mudiawan mengatakan kegiatan berbagi dengan sesama umat ini merupakan salah satu cara yang mereka lakukan untuk memaknai perbedaan.

"Saling menghargai dan menghormati antarsesama manusia merupakan ajaran semua agama. Kami berharap kondisi ini tetap bersemi," katanya di sela donor darah dan pembagian sembako kepada masyarakat di RT-09 dan13, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara.

Menurut ia, kegiatan seperti ini hanyalah sedikit dari usaha untuk mempertahankan dan menjaga agar kelompok beragama tetap selaras dan damai.

Dalam kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Bontang itu, terkumpul sebanyak 48 kantong darah dari masyarakat.

"Hasil donor darah kami serahkan langsung ke Palang Merah Indonesia (PMI) setempat," ujar Ketut Mudiawan.

Sementara itu, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WDHI) I Nyoman Suratnasi menambahkan aksi sosial ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun saat menjelang Hari Raya Nyepi. "Biasanya digelar seminggu sebelum Nyepi," tutur Suratnasi. (*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015