Bontang (ANTARA Kaltim) - Wakil Ketua DPRD Kota Bontang, Kalimantan Timur, Etha Rimba Paemboenan mengusulkan petugas puskesmas di daerah setempat mendapatkan tunjangan kinerja, agar pelayanan kesehatan yang diberikan menjadi lebih maksimal.

     "Puskesmas itu kan pelayanan pertama di saat masyarakat sangat membutuhkan tindakan preventif atau sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jadi, pemberian tunjangan bagi petugas puskesmas perlu diusulkan," kata Etha Rimba di Bontang, Selasa.

     Menurut Etha, seperti halnya tenaga pendidik atau guru, petugas puskemas juga memiliki peran sangat penting dan mereka bekerja sesuai dengan jam kerja pegawai negeri sipil (PNS).

     "Saya kira ini patut dipertimbangkan. Kalau guru mendapatkan tambahan tunjangan kinerja, tentunya petugas pelayanan kesehatan di puskesmas juga harus mendapatkan tunjangan," tambahnya.

     Keberadaan puskesmas, lanjut Etha, sangat penting dalam membantu pelayanan kesehatan masyarakat pada tingkat pertama sebelum dirujuk ke rumah sakit.

     Pihaknya mengusulkan kepada pemerintah untuk mempertimbangkan pemberian tunjangan kepada petugas puskesmas, karena tugas dan beban kerjanya cukup vital.

     "Mohon dipertimbangkan petugas kesehatan yang ada di Puskesmas untuk diberikan semacam tunjangan kinerja, khususnya petugas yang telah berstatus PNS," ujar Etha.

     Selain sebagai garda terdepan layanan kesehatan, tambahnya, puskesmas juga berfungsi sebagai corong informasi terkait pelayanan kesehatan, misalnya dalam sosialisasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. (*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015