Penajam Paser Utara, 5/2 (Antara) - TNI Angkatan Laut Pos Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, mengoperasikan patroli keamanan laut untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di wilayah itu.

"Kami berterima kasih atas bantuan satu unit `speedboat` dari Pemkab Penajam Paser Utara sebagai sarana untuk melaksanakan patroli," kata Wakil Komandan atau Perwira Pelaksana Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan Mayor Laut (P) Ardian Budi Darma usai peresmian pengoperasian Patkamla TNI AL Pos Penajam, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan patroli keamanan laut (Patkamla) akan dioperasikan personel TNI AL Pos Penajam.

"Keberadaan Patkamla TNI AL akan menghadirkan rasa aman bagi para pengguna trransportasi laut. Patkamla merupakan tugas operasi milter selain perang (OMSP) dari TNI AL. Tugas OMSP ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman para pengguna laut," tambah Ardian.

Dalam melaksanakan tugas rutin OMSP, lanjut Ardian, TNI AL melakukan beberapa kegiatan, di antaranya pengamanan VIP, "Search and Rescue" (SAR) serta patroli di wilayah perairan.

"TNI AL sudah menjadi bagian dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dengan dilibatkan dalam kegiatan pembinaan nelayan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan, serta pembinaan transportasi laut bersama Dinas Perhubungan, dan kegiatan lainnya," tuturnya.

Ia berharap kerja sama TNI AL dengan Pemkab Penajam Paser Utara dapat terus ditingkatkan dan dikoordinasikan lebih baik lagi, sehingga keamanan laut di daerah itu dapat terwujud.

Sementara itu, Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ mengatakan daerahnya memiliki wilayah perairan yang cukup luas, sehingga keberadaan TNI AL Pos Penajam sangat strategis dalam memberikan kontribusi keamanan.

"Penajam Paser Utara dikelilingi dan dibatasi oleh laut yang cukup luas dan panjang, sehingga keberadaan TNI AL dapat memberikan bantuan dan berpartisipasi ikut serta dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan," ujarnya.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015