Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menawari pedagang Pasar Inpres Kebun Sayur yang kiosnya terbakar beberapa waktu lalu, untuk pindah sementara di lantai dasar Mal Balcony yang terletak di depan pasar tersebut.

Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Balikpapan Arzaedi Rachman di Balikpapan, Jumat, mengatakan pihaknya dan pimpinan Mal Balcony hanya menawarkan tempat kepada pedagang yang lapaknya terbakar, tanpa bisa sewa.

"Adapun penawaran yang diberikan bagi pedagang yang berminat menempati kios di Balcony berupa sewa gratis selama enam bulan," kata Arzaedi.

Menurut ia, para pedagang yang berminat menempati kios di Balcony hanya dibebani membayar listrik dan air.

"Dari 500 kios yang ada di lantai dasar Mal Balcony, masih ada sebanyak 268 kios yang belum terisi dan itu bisa dimanfaatkan oleh pedagang Pasar Kebun Sayur," tambahnya.

Namun, bila pedagang tidak berminat dengan tawaran tersebut, Pemkot Balikpapan tidak mempermasalahkan karena telah menyediakan tempat penampungan sementara.

Kebakaran yang melanda Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan terjadi pada 6 Januari 2015 sekitar pukul 05.30 Wita dan menghanguskan sebanyak 135 kios penjualan batu permata dan cenderamata khas Kalimantan yang tersebar pada enam blok di pasar itu.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015