Samarinda, 6/12 (Antara) - Kerja keras dari seluruh pemangku kepentingan di perusahaan tambang batu bara terkemuka di Tanah Air PT Kideco Jaya Agung nampaknya tidak sia-sia.
     Perjuangan yang tak kenal lelah yang dilakukan perusahaan tambang batu bara yang berlokasi di Kabupaten Paser, Kaimantahn Timur itu membuahkan hasil. Selama beroperasi Kideco meraih berbagai prestasi.
     Untuk kategori peroangan, empat pejabat perusahaan tambang batu bara terkemuka PT Kideco Jaya Agung mengukir prestasi dalam penyelenggaraan tanggung jawab sosial paa ajang Indonesian CSR Award (ICA) 2014.
     Empat pejabat PT Kideco Jaya Agung yang meraih penghargaan terbaik kategori perorangan  pejabat, yaikni jabatan Presiden Direktur, Manager CSR, Supervisor CSR dan Mitra CSR.
     Keempat pejabat yang meraih penghargaan terbaik itu adalah Presiden Direktur PT Kideo Jaya Agung Lee Chang Hoon menyabet penghargaan CEO terbaik dengan karya tulis berjudul "Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Dengan Prinsip ISO 26000".
     Sementara Manager CSR PT Kideco Jaya Agung Suryanto meraih penghargaan terbaik 1 atas  karya tulis bertajuk "ISO 26000, Praktek dan Implementasi Dalam Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat".
     HM Lukman Hakim dalam tingkat/kategori staf pelaksana lapangan meraih penghargaan terbaik 2 atas karya tulis berjudul "ISO 26000 Stakeholder Engagemenet (Keterlibatan Sosial) Dalam Pemberdayaan Masyarakat".     
     Selanjutnya Rifianur Ishak dalam kategori Mitra Perusahaan meraih penghargaan Terbaik 2 dengan karya tulis berjudul "Masa Depan Kabupaten Paser Dalam Bidang Pertanian".
     Sebanyak 10  (sepuluh)  kategori penghargaan,  berhasil diraih PT Kideco Jaya Agung termasuk untuk tingkat perorangan itu sebagai  "kado"  menjelang akhir  tahun  2014 ini. Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di Balai Kartini Jakarta, 28 November 2014.
     Manajer CSR PT Kideco Jaya Agung Suryanto mengaku bangga dengan penghargaan yang berhasil diraih. Ini merupakan apreasi dari pemerintah atas keberhasilan program CSR yang telah dilaksanakan selama ini.
     "Program yang kami laksanakan selama ini telah sesuai dengan regulasi dan Prosedur operasi standar Prosedur Operasi Standar atau standard operating procedure (SOP)," kayanya.
     Karena itu, kata Suryanto, pihaknya akan terus melaksnakan program perusahaan khususnya terkait dengan CSR dengan sebaik-baiknya dan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.
     "Kita mengharapkan program CSR yang telah dilaksanakan selama ini tepat sasaran dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Paser, terutama yang berada di sekitar lokasi tambang.
     Pada ajang ICA 2014 perusahaan tambang batu bara PT Kideco Jaya Agung kembali meraih prestasi terbaik dalam penyelenggaraan tanggung jawab sosial perusahaan.           
        Ajang bergengsi
     ICA 2014 adalah salah satu ajang bergengsi  pemberian apresiasi kepada  perusahaan baik swasta maupun BUMN atau perusahaan "plat merah" di Indonesia yang melaksanakan kegiatan CSR di sekitar lingkungan operasional perusahaan.
     Indonesian CSR Award 2014 ini merupakan program yang digagas  Corporate Forum For Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) serta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.   
     Tahun ini, untuk kali keempat CFCD menyelenggarakan  Indonesia  CSR Award. Dalam kegiatan ICA 2014 ini, bidang program yang dinilai adalah program yang berbasis ISO 26000 CSR yang diadaptasi dengan cakupan yang lebih luas meliputi 7 (tujuh) Core Subjects yakni Organizational Governance, Human Rights, Labor Practices, The Environment, Fair Operating Practices, Consumer Issues, Community Involvement and Development dan isu-isu setiap Core Subjects.
     Sedangkan proses penilaian  ICA 2014 terbagi dalam beberapa tahap, Pertama; Penilaian formulir isian dan lembar kuesioner pada seleksi Tahap 1 (Syarat Dasar: Organizational Governance,Labor Practices, dan Fair Operating Practices) dan Tahap 2 (Bidang Pilihan, Human Rights.
     Selain itu The Environment, Consumer Issues, dan Community Involvement and Development), Kedua; Presentasi peserta (Perusahaan/Lembaga/Institusi dan Perseorangan) dihadapan Komite Penilai ICA 2014 sesuai masing-masing Unggulan Nominasi yang diajukan berdasakan hasil penilaian seleksi Tahap 2,  Ketiga;Komite Penilai ICA 2014 melakukan Site Visit ke masing-masing lokasi nominasi program.
     Berkat komitmen serta keseriusan PT Kideco Jaya Agung  dalam melaksanakan kegiatan CSR bagi masyarakat di lingkungan  tambang khususnya masyarakat Kabupaten Paser umumnya, akhirnya perusahaan tambang terbesar di Kalimantan Timur ini  kembali meraih   hasil yang membanggakan.
     Bagi Kideco sendiri, sejak kali pertama mengikuti ajang ini selalu mendapat penghargaan terbaik.  Ajang ICA sendiri sudah empat kali dilaksanakan yakni tahun 2005, 2008, 2011 dan 2014. Sementara Kideco baru mengikuti ajang ini pada tahun 2011 hingga sekarang. Dan selama mengikuti ajang itu pula, Kideco selalu mendapat penghargaan.
     Sebagaimana diketahui bahwa sejak tahun 2001, Kideco telah memulai kegiatan CSR untuk masyarakat sekitar tambang.
     Niat dan tujuan Kideco melaksanakan kegiatan CSR adalah murni untuk memberikan perubahan berbagai akses bagi masyarakat di lingkungan tambang, namun seiring waktu berjalan ternyata kesungguhan dan niat tulus tersebut membuahkan hasil.  Perusahaan tambang yang berlokasi di Kecamatan Batu Sopang ini meraih penghargaan.
     Kegiatan ICA 2014 kali ini adalah merupakan ajang penilaian untuk berbagai program CSR yang dilaksanakan periode 2011-2014 dimana Kideco telah banyak menggulirkan berbagai macam  sektor program, diantaranya: Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Infrastruktur, Keagamaan, Kemasyarakatan, Sosial Budaya, Pemuda & olahraga, Lingkungan serta HAM.
     Akhirnya setelah melalui tahapan proses yang sangat panjang, pada tanggal 28 November 2014 saat malam anugerah ICA 2014, Kideco yang ikut untuk sektor pertambangan dan energi  berhasil meraih penghargaan 6 Platinum, 3 Gold dan 1 Silver
     Kesepuluh penghargaan yang berhasil diraih Kideo adalah program bidang Hak Azasi Manusia (HAM) meraih penghargaan platinum masing-masing di bidang lingkungan, konsumen, bidang perikanan dan pertanian   serta infrastruktur pemukiman terpadu.
     Sedangkan untuk program sekolah hijau, industri rumah tangga  meraih penghargaan emas atau gold dan yayasan pendidikan meraih penghargaan perak (silver).
     Piagam penghargaan langsung diserahkan  Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa kepada jajaran Top Management Kideco.  
     Direktur External Relations PT Kideco Irawan ZA usai menerima penghargaan ini mengatakan  bersyukur atas upaya yang dilakukan jajaran manajemen PT. Kideco.
     "Puji syukur Kami kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas semua pencapaian ini dan kami berharap penyelenggaraan program Tanggung Jawab Sosial terus tumbuh dan menebar manfaat untuk semua", katanya.
     "Komitmen dan niat tulus kami dalam melaksanakan dan menjalankan CSR bagi masyarakat khususnya lingkar tambang dan umumnya kabupaten Paser berbuah hasil yang sangat baik. Terima kasih kami ucapkan atas dukungan Multi Pihak baik internal dan eksternal yang terus bersinergi membangun kebaikan untuk semua," katanya.
     Ucapan terima kasih juga diungkapkan Irawan ZA kepada rekan-rekan media yang selama ini membantu memberikan informasi yang seimbang, konstruktif dan solutif terkait pelaksanaan CSR yang dilakukan Kideco.
     Pada kesempatan pemberiaan penghargaan itu, Ketua Komite Ahli Indonesian CSR Award 2014, Ir.Thendri Supriatno, MBA  juga menyampaikan ucapan selamat kepada Kideco.
     "Selamat kepada Kideco, semoga dengan hasil terbaik ini, akan terus memacu Kideco mempertahankan yang sudah baik dan mewujudkan program-program CSR yang berkelanjutan yang lebih baik lagi bagi masyarakat," harapnya.
     Akhirnya kerja cerdas dan sinergi yang terus berkesinambungan antara perusahaan dan masyarakat melahirkan prestasi-prestasi yang semakin memacu Kideco untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat sekitar.(Advetorial)

Pewarta: Ropii Wartono

Editor : Masnun


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014