Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur mengalokasikan anggaran Rp25 miliar untuk penerangan jalan umum (PJU) setiap kecamatan yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah kabupaten setempat.
 
"Lebih kurang 580 titik pemasangan PJU yang tersebar di setiap kecamatan akan selesai pada tahun ini," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin di Penajam, Kamis.
 
Pemasangan PJU tersebut lebih terpusat di Kecamatan Penajam, kata dia, karena masih banyak sebagian tempat yang belum memiliki penerangan jalan.
 
Fasilitas yang belum ada penerangan jalan di Kecamatan Penajam, di antaranya Pelabuhan Benuo Taka, Kelurahan Buluminung 29 titik serta pelabuhan kapal cepat (speedboat) dan kapal kayu (klotok) empat titik.
 
Anggaran Rp25 miliar untuk pemasangan 580 PJU di setiap kecamatan tersebut dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2024.
 
"Pengerjaan pemasangan 580 titik PJU itu sampai saat ini sudah capai sekitar 50 persen," katanya.
 
Pemasangan PJU juga dilakukan di jalan sepanjang pantai (coastal road) di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam sekitar 90 titik.
 
"Mulai banyak masyarakat yang berlalu-lalang di jalan sepanjang pantai itu, jadi kami pasang PJU di coastal road," katanya.
 
PJU di jalan sepanjang pantai dipasang untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat berkendara di jalan tersebut, sedangkan PJU sisanya bakal disebar di beberapa wilayah kecamatan.
 
Pemasangan PJU merupakan bagian upaya pemerintah kabupaten menata kawasan setiap kecamatan, termasuk upaya mencegah kecelakaan lalu lintas serta tindak kejahatan.

Pemerintah kabupaten, kata dia, menginginkan daerah yang dikenal Benuo Taka itu layak dikunjungi semua orang, sehingga pengembangan infrastruktur menjadi bagian yang penting dilakukan.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024