Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan studi tiru penerapan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di dua Desa di Jawa Barat.

"Kami bersama Diskominfo Kabupaten dan Kota melakukan kunjungan ke Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Sehati Desa Pasirhuni, Kecamatan Cimaung dan KIM Cerdas Desa Tarumaja, Kecamatan Kertasari," kata Plt Kepala Bidang TIK dan Persandian Diskominfo Kaltim, Bambang Kukilo Argo Suryo dalam keterangan di Samarinda, Rabu

Bambang menegaskan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) secara mandiri oleh masyarakat memang penuh tantangan. Terlebih dalam era digital saat ini, menyebarkan informasi yang akurat dan relevan membutuhkan kemampuan pengelolaan informasi yang baik.

Di era sekarang, informasi begitu melimpah di internet. Namun, kita harus pandai menyaring informasi yang benar dan bermanfaat. KIM berperan penting sebagai wadah untuk berdiskusi dan belajar bagaimana menyebarkan informasi yang akurat.

Namun, tantangan dalam membangun KIM bervariasi. Di Jawa Barat, misalnya, pengumpulan informasi dan pembentukan komunitas relatif mudah karena akses yang lebih dekat.

“Di Kalimantan Timur, sebaliknya, jarak yang jauh dan akses yang terbatas menjadi tantangan tersendiri dalam membangun KIM,”terangnya.

Ia berharap studi tiru ini bisa memberikan nilai tambah, terutama melalui pembelajaran informasi dan berbagi pengetahuan lebih lanjut.

Sementara itu, Ketua KIM Sehati, Rudiat, menegaskan bahwa KIM Sehati aktif dalam mengelola informasi yang diperoleh dan memanfaatkannya untuk pemberdayaan masyarakat, sehingga informasi tersebut memberikan nilai tambah.

“Dalam implementasinya, KIM Sehati fokus pada pemanfaatan informasi dan pengetahuan yang relevan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujar pria yang akrab disapa Mang Yayat ini.

KIM Sehati juga memperluas jaringannya dengan berkolaborasi dengan berbagai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) lainnya dan pihak-pihak terkait, seperti Dinas, BUMN, perguruan tinggi, dan media.

Selama kunjungan, rombongan berkesempatan untuk berdialog langsung dengan pengurus KIM, serta mengunjungi berbagai fasilitas yang telah dibangun.

Setelah kunjungan di Kecamatan Cimaung, rombongan melanjutkan perjalanan ke KIM Cerdas Desa Tarumaja di Kecamatan Kertasari.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024