Pelaksana Tugas (Plt) Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menyampaikan masih ada groundbraking atau peletakan batu pertama di Kota Nusantara sebelum presiden terpilih dilantik.

"Mungkin masih ada satu kali groundbreaking lagi," kata Basuki di Kota Nusantara, Minggu (6/10).

Basuki menyampaikan saat ini belum bisa memastikan ada berapa investor yang masuk dalam groundberaking yang sudah memasuki tahap 9 nanti.

"Saat ini sedang difinalkan kesiapan-nya," katanya.

Menurutnya, pemerintah membuka segala sektor investasi untuk masuk, terutama logistik untuk mendorong keramaian.

Basuki yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan pihaknya juga saat ini tengah menyiapkan bandara IKN.

"Untuk bandara InsyaAllah tanggal 10 bila tidak hujan akan dilapisi yang ke tiga agar bisa didarati oleh pesawat jenis Boeing.

"Kita coba tanggal 10 nanti, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) akan mencoba mendarat lagi, dan tanggal 11 bila presiden ke sini sudah siap digunakan kembali," sambung Basuki.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kesiapannya melakukan groundbreaking kembali di IKN bila ada undangan dari Kepala Otorita IKN.

"Ya terserah Kepala OIKN, kalau memang ada ya saya datang lagi," ujarnya.

Dia meminta wartawan menanyakan terkait kemungkinan ada tidaknya groundbreaking itu, termasuk siapa saja investornya kepada Kepala OIKN.

"Iya tanya kepala OIKN," kata Jokowi.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024