Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di daerah itu melalui alokasi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten setempat.

"Kami dukung melalui penganggaran untuk tingkatkan kualitas SDM yang siap kerja," kata anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Nanang Ali di Penajam, Jumat.
 
Peningkatan kapasitas SDM sangat diperlukan, terutama dalam menghadapi pembangunan dan perkembangan Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia.
 
Peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat tersebut bisa berdampak pada pengurangan pengangguran di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Ia mengatakan peningkatan kompetensi SDM harus disusun dengan baik  dan DPRD bakal mendukung program tersebut melalui penganggaran dalam APBD.
 
SDM mumpuni yang harus siapkan tentu banyak aspek dan sesuai kebutuhan lapangan kerja, sehingga SDM harus memiliki kualitas sesuai kebutuhan pasar kerja. "Pemerintah kabupaten bisa bekerja sama dengan balai latihan kerja dan kualitas SDM bisa menunjang ekonomi keluarga," ujar Nanang Ali.
 
Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara lainnya, Abdul Rahman Wahid menambahkan peningkatan kualitas SDM merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah kabupaten dan DPRD.
 
Pada kesempatan itu, ia meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Penajam Paser Utara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sasaran pelatihan kerja.
 
Menurut dia, DPRD memiliki fungsi anggaran, sehingga dinas terkait dapat melakukan komunikasi dengan DPRD untuk alokasi anggaran peningkatan SDM.
 
"Program peningkatan SDM jangka pendek, menengah dan jangka panjang harus ditunjang dengan anggaran yang mumpuni, dukungan penganggaran bakal dilakukan DPRD," ujarnya.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024