Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menganggarkan Rp2 miliar untuk membantu biaya penyusunan Detail Engineering Design (DED) gedung baru Markas Kodim (Makodim 0905/Balikpapan, Polres Kota dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan.

Anggaran tersebut sudah kita anggarkan di APBD 2014 ini. Saat ini penyusunan DSD itu sedang dalam proses pelelangan," kata Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh di Balikpapan, Sabtu.

Ia mengatakan untuk kantor Polres Kota Balikpapan biayanya Rp500 juta, Markas Kodim 0905 Balikpapan juga Rp500 juta dan Lanal Balikpapan Rp1 miliar.

Menurut Abdulloh, bantuan yang diberikan tidak hanya untuk DED. Setelah DED selesai akan diketahui besarnya nilai proyek.

"Nanti kita juga akan tentukan berapa nilai bantuan untuk pembangunan fisiknya," katanya.

Kantor Polres Balikpapan dan Markas Kodim Balikpapan saat ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, di kawasan yang sama juga dengan Balai Kota Balikpapan dan Gedung DPRD.

Bantuan dari Pemkot Balikpapan untuk instansi vertikal seperti ketiga kesatuan tersebut, sudah diatur Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2011.

Ketiga instansi adalah bagian dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang anggotanya wali kota, Ketua DPRD kabupaten/kota, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Kepolisian Resort, Komandan Distrik Militer (Kodim).

Selain itu, katanya, Pangkalan TNI Angkatan Udara dan Pangkalan TNI AL, maka komandan kedua pangkalan juga menjadi anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

"FKPD itu bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat. Pemkot, DPRD, dan FKPD saling bersinergi. Seperti Polres melayani masyarakat Balikpapan untuk beragam urusan. Kalau kantornya bagus maka masyarakat Balikpapan juga akan nyaman," kata Abdulloh. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014