Provinsi Kalimantan Timur dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tahun 2024.

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik di Balikpapan, Senin, menjelaskan rakornas tersebut akan dihadiri 650 peserta dan pembukaannya akan dilaksanakan di Istana Negara di IKN oleh Presiden Joko Widodo.

"Saat pembukaan Rakornas Baznas tentunya pergerakan dari Balikpapan menuju IKN membutuhkan dukungan. Kita akan coba nanti siapkan infrastrukturnya seperti sarana transportasi," jelas Akmal Malik usai menerima audiensi pimpinan Baznas RI di Ruang Rapat Asrama Haji Balikpapan.

Akmal Malik meminta kepada Baznas RI, saat pelaksanaan rakornas dapat membuat gagasan ketahanan pangan, sehingga ketahanan pangan di Kaltim menjadi perhatian dan bisa menjadi lebih bagus.

"Kita titip isu ketahanan di Kaltim, yang akan dibahas saat pelaksanaan rakornas, untuk pelaksanaannya kita sangat mendukung," tegas Akmal Malik.

Pimpinan Baznas RI Bidang Koordinasi Nasional KH Achmad Sudrajat menjelaskan pembukaan Rakornas Baznas tahun 2024 akan digelar pada 25 September 2024 di Istana Negara di IKN.

"Sementara Rakornas Baznas selama dua hari akan digelar di hotel di Balikpapan. Audiensi yang kami lakukan merupakan kulo nuwun dengan Pj Gubernur Kaltim Pak Akmal Malik untuk menyelenggarakan Rakornas Baznas di Kaltim," kata Achmad Sudrajat.

Selain itu, sambung Achmad Sudrajat, pihaknya juga meminta dukungan Pj Gubernur untuk memberikan kekhususan dalam pelaksanaan kegiatan nasional ini.

"Alhamdulillah Pj Gubernur Kaltim Pak Akmal Malik siap mendukung dan memberikan yang terbaik bagi pelaksanaan Rakornas Baznas dan kepada seluruh tamu-tamu Baznas dari seluruh Indonesia," terangnya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024