Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi Anton Firmanto mengatakan Pengawal Pribadi (Walpri) pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) masuk dalam Operasi Mantap Praja (OMP) Mahakam 2024.
 
"Dalam OMP Mahakam 2024 ini kami siapkan 488 personel dan itu termasuk sebagai Walpri paslon," jelas Anton di Balikpapan, Senin (23/9).
 
Anton mengemukakan, Walpri paslon tersebut sudah disiapkan oleh Polresta Balikpapan, dimana setiap Paslon itu ada Liaison Officer (LO) dari Polres.
 
"Mereka nanti melekat sama Paslon selama 24 jam," tuturnya.
 
Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Prakoso Yudho Lelono mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polresta Balikpapan untuk pengajuan Walpri.
 
"Kami ajukan itu setelah penetapan Paslon, saat itu juga," katanya.
 
Adapun penetapan Paslon itu berlangsung Minggu sore, di auditorium Kantor KPU Balikpapan dan dilanjutkan pagi tadi pengundian nomor urut paslon.
 
Yudho melanjutkan, Walpri yang dibutuhkan untuk tiga Paslon di Pilkada Balikpapan sebanyak 30 orang.
 
"Rinciannya 1 paslon itu ada 10 Walpri, terdiri dari 5 Walpri untuk  calon wali kota dan 5 Walpri lagi untuk calon wakil wali kota.
 
"Termasuk aide de camp (ADC) atau asisten pribadi, masing-masing ada 1 baik untuk calon wali kota maupun wakil wali kota," ujar Yudho.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024