Pameran bertajuk Kaltim Museum Expo 2024 berlangsung di Atrium Utama Big Mall Samarinda, Kalimantan Timur, menampilkan beragam koleksi kuno yang menggambarkan warisan kejayaan Benua Etam masa lampau sebagai inspirasi bagi generasi muda.
 
"Ini menjadi ajang penting untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat tentang arti penting benda koleksi museum sebagai media belajar sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan," Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim Irhamsyah di Samarinda, Sabtu.
 
Dia menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, para pengelola dari 14 museum yang tersebar di Kaltim, serta seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam terselenggaranya pameran tersebut , digelar pada 19-22 September 2024.
 
Kegiatan ini menampilkan berbagai macam koleksi bersejarah yang ada di Kaltim, dan disambut antusias oleh pelajar Kota Samarinda.
 
"Museum sebagai penjaga warisan budaya memiliki tanggung jawab besar untuk mengedukasi dan menginspirasi generasi penerus," ungkap Irhamsyah.
 
Ia melanjutkan, peninggalan-peninggalan kuno yang terpajang di museum memberikan banyak pelajaran bagi generasi sekarang.
 
"Berkunjung ke museum bisa belajar tentang kehidupan, budaya, dan sejarah yang telah membentuk kita hingga saat ini," ujar Irhamsyah.
 
Ia menambahkan bahwa melalui museum, generasi muda dapat memahami dan menghargai warisan budaya yang ada.
 
Dengan mengunjungi museum, masyarakat juga mendapatkan wawasan tentang nilai-nilai dan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang dahulu.
 
"Ini sangat penting untuk membentuk karakter dan identitas generasi muda," tambahnya.
 
Dia berharap, adanya Kaltim Museum Expo, maka masyarakat, terutama generasi muda, dapat lebih memahami dan menghargai warisan budaya Benua Etam.
 
Expo ini, tambah Irhamsyah, juga menjadi sarana untuk memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada publik yang lebih luas, serta menginspirasi mereka untuk terus melestarikan dan mempromosikan budaya daerah.
 
Kaltim Museum Expo 2024 dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, budayawan, hingga masyarakat umum. Kaltim Museum Expo memamerkan 80 jenis barang peninggalan sejarah Kalimantan.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024