Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan Kota Nusantara sudah dapat dikunjungi masyarakat secara umum mulai Senin (16/9).

Kunjungan agar bisa melihat langsung ibu kota baru Indonesia itu bersyarat mudah, pendaftaran lewat aplikasi iKnow.

Pantauan ANTARA, di Ibu Kota Nusantara, Senin, saat hari pertama pembukaan IKN nampak antusiasme masyarakat yang sudah memenuhi kawasan rest area sejak pagi.

Para pengunjung itu bukan hanya warga Kalimantan Timur. Terdapat pula warga Kalimantan Selatan, Jakarta, bahkan warga negara asing asal Jerman.

"Saya penasaran dengan IKN saat ini, setelah melihat saat Upacara 17 Agustus lalu," kata salah satu pengunjung asal Jakarta, Sri Murni.

Sri mengaku sudah pernah menjejakkan kaki ke Kota Nusantara pada 2022. Akademisi salah satu perguruan tinggi di Jakarta itu menilai banyak perubahan ketika saat melihat tampilan IKN pada Agustus saat upacara HUT RI.

"Kebetulan saya ada kunjungan kerja ke Kaltim. Dan kebetulan pula IKN sudah dibuka untuk umum. Kami tidak ingin melewatkan kesempatan itu," tuturnya.

Baca juga: Ibu Kota Nusantara buka kunjungan umum dengan daftar lewat IKNOW

Selepas mendapatkan informasi tentang pembukaan kunjungan IKN untuk umum, Sri langsung mengunduh aplikasi iKnow sebagai pendaftaran masuk ke IKN.

"Saat memakai aplikasi sempat terhambat. Tapi, kami dibantu oleh petugas, jadi tidak ada masalah," ujar Sri yang mengunjungi Kota Nusantara bersama tiga rekannya,

Sebagai akademisi, Sri mengaku sangat penting melihat langsung perkembangan pembangunan ibu kota masa depan tersebut.

pengunjung lain, Alfrida dari Kota Balikpapan mengaku ke IKN bersama rombongan keluarga.

"Kami bersama rombongan keluarga, ada 30 orang. Mereka sangat antusias," ujar Alfrida.

Alfrida mengaku gembira bisa melihat langsung IKN karena itu pengalaman pertamanya meskipun jarak IKN dari Balikpapan hanya sekira 90 kilometer.

Baca juga: Mengenal aplikasi iKnow untuk menjelajah IKN

"Saya langsung mengunduh aplikasi itu setelah tahu informasi IKN bisa dikunjungi. Kebetulan hari ini hari libur. Saya ajak keluarga untuk merasakan langsung suasana ibu kota baru," katanya.

Para pengunjung yang telah mendaftar lewat iKnow itu menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP),  tepatnya di Plaza Seremoni dengan transportasi bus listrik yang telah disediakan Otorita IKN.

"Terdapat lima bus, dengan jarak waktu antar bus sekira 15 menit," kata Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantow.

Di kawasan Plaza Seremoni itu juga terdapat para kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang menyelesaikan acara mereka dari Samarinda. 

Mereka datang dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti dari Sulawesi Tengah hingga Jawa Timur.

Menurut Troy, para peserta MTQ Nasional ke-30 memang mendapatkan undangan khusus untuk melihat IKN.

"Mereka sejak kemarin, dan hingga hari ini dibawa melihat langsung IKN," demikian Troy

Baca juga: Presiden canangkan hutan pendidikan Wanagama Nusantara di IKN

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024