Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia, Jess Dutton memberikan kuliah umum bertajuk Public Lecture: Knowledge Exchange kepada mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur.

Jess Dutton di ruang Teater Gedung Prof Masjaya Komplek Kampus Unmul Samarinda, Kamis memaparkan materi terkait Canada’s Indo-Pacific Strategy and Indonesia.

Di hadapan puluhan mahasiswa Unmul dari berbagai jurusan Dubes Kanada tersebut memperkenalkan profil Kanada sebagai negara demokrasi federal di wilayah Amerika Utara dan hubungan bilateral Indonesia Kanada.

Ia menyebut, banyak kesamaan antara Indonesia dan Kanada. Terutama dalam hal keberagaman. Populasi Kanada, didominasi oleh multi-etnis layaknya Indonesia.

“In Canada, you can have food from almost each country in the world. For breakfast you can have Indonesian breakfast, good Italian food for lunch, and Korean or japanese for dinner. Our diversity just like in Indonesia,” kata Jess Dutton yang dipandu oleh Dosen Program Studi Hubungan Internasional (HI) Unmul Tendy sebagai moderator.

Sesi kuliah umum ditutup dengan diskusi interaktif bersama para mahasiswa dari berbagai program studi.

Sementara itu,Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim, Ujang Rachmad. mengapresiasi kegiatan public lecture ini sebagai sarana pertukaran pengetahuan wawasan global, langsung dari seorang duta besar. Dalam hal ini, yakni Dubes Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste, H.E Jess Dutton.

“Ini kesempatan luar biasa untuk bisa belajar dari negara maju seperti Kanada yang punya sejarah panjang dalam pengembangan pendidikan, teknologi, rehabilitasi dan konservasi, serta pemerintahan modern,” kata Ujang Rachmad.

Pembangunan di Provinsi Kaltim ke depannya, menurut Ujang membutuhkan peran generasi muda yang berpikit terbuka dengan kemampuan soft skill skala global. Tugas besar itu, ada di perguruan tinggi sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

“Mahasiswa sebagai kelompok akademik saya harapkan dapat mengambil peran dalam membangun pemikiran inovatif untuk daerah kita,” kata Ujang.

Sebagai informasi, kunjungan kerja Dubes Kanada Jess Dutton ke Provinsi Kaltim dalam rangka meninjau program kerja sama pengembangan mangrove yang sudah berjalan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Di samping itu, pihaknya juga ingin menjajaki peluang-peluang investasi di Kalimantan Timur.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024