Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan mengerahkan sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di RT 20, Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara, Rabu (11/9).

"Setelah kami mendapatkan laporan, maka langsung menurunkan armada dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Utara yang paling dekat lokasi kebakaran," kata Kepala BPBD Balikpapan, Usman Ali.

UPT Balikpapan Utara itu, kata Usman dibantu oleh UPT Tengah, UPT Kota, dan UPT Barat serta dibantu unsur relawan lainnya.

Usman menerangkan dalam peristiwa kebakaran tersebut, hanya satu unit rumah lantai dua  yang terbakar. Meski hanya satu rumah tapi  tetap melakukan antisipasi sebab memasuki wilayah pemukiman padat penduduk, apalagi lokasi berada di dalam gang. 

Menurutnya dalam memadamkan api petugas mendapatkan kesulitan karena di dalam gang, mobil pemadam tidak bisa masuk sehingga memerlukan beberapa selang, serta memerlukan tekanan yang cukup besar..

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, adapun informasi sementara api berasal dari rumah lantai dua pada saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, berdasarkan informasi yang diterima dari Lurah Gunung Samarinda. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," ujar Usman.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024