Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar meminta bakal calon peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) memiliki visi dan misi selaras rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Penajam Tahun 2025-2029.
 
"Partai politik, juga harus melihat dan memahami arah kebijakan daerah dalam RPJMD saat menyusun visi-misi bakal calon bupati dan wakil bupati," kata Tohar di Penajam, Selasa.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurutnya, telah memberikan rancangan RPJMD kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah itu demi memastikan visi dan misi pasangan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah telah selaras RPJMD.
 
"Sebelum tahapan pendaftaran, kami sudah serahkan rancangan RPJMD 2025-2029 kepada KPU sebagai acuan penyusun visi-misi peserta pilkada" ujarnya.

Baca juga: KPU Penajam minta empat pasangan calon perbaiki berkas persyaratan
 
"Empat pasang bakal calon bupati dan calon wakil bupati yang mendaftar sebagai peserta Pilkada 2024 harus melihat dan memahami RPJMD untuk menyusun program ke depan," katanya.
 
Penyelarasan visi-misi calon peserta Pilkada 2024 dengan RPJMD Penajam itu, lanjutnya, bertujuan pembangunan kabupaten dapat terus berkesinambungan setiap pergantian pemimpin daerah.

Tohar mengatakan pemerintah kabupaten selalu berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait, termasuk penyelenggara pemilu, untuk menciptakan pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman, damai, dan lancar meskipun terdapat perbedaan pilihan di masyarakat.

Pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah yang mendapatkan amanah dari masyarakat untuk memimpin Kabupaten Penajam Paser Utara selama lima tahun ke depan diharapkan dapat membawa perubahan, demikian Tohar. (Adv)

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024