Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Adward Skenda Putra mengatakan minat masyarakat  Balikpapan menggunakan layanan Transportasi Ekonomis Mudah Aman dan Nyaman (TEMAN) bus cukup tinggi.

"Bila dihitung secara persentase mencapai 250 persen peminat layanan bus Balikpapan City Trans atau TEMAN bus," kata  Adward Skenda Putra yang akrab disapa Edo di Balikpapan, Rabu (4/9)

Dia menuturkan selama tahap uji coba transportasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut, peningkatan penumpang terjadi pada pagi dan sore hari.

Menurutnya peningkatan penumpang pada pagi hari pada saat orang berangkat kerja dan ke sekolah, begitu pula sebaliknya pada sore hari pada jam orang pulang kerja.

Edo menjelaskan, Dishub  Balikpapan juga melakukan perubahan jadwal operasional layanan transportasi tersebut dari semula pukul 06.00 WITA berubah menjadi lebih cepat 30 menit.

"Setelah kemarin sempat vakum beroperasi jam operasional yang lebih cepat, yaitu mulai pukul 05.30 WITA,"  katanya.

Lanjut Edo, dengan banyaknya peminat yang menggunakan layanan TEMAN bus, maka Dishub berencana untuk menambah layanan atau armada bus.

Dikemukakannya bahwa Kemenhub menyediakan dalam tahap uji coba  sebanyak 19 unit, dua unit untuk cadangan. Jika beroperasi penuh dalam perhitungan selama tahap uji coba Kota Balikpapan membutuhkan sedikitnya 32 unit bus.

"Yang menjadi kunci dalam operasional ini adalah kelancaran dalam tahap uji coba. Jika lancar maka penambahan unit bakal dipertimbangkan, begitupun dengan jumlah koridor yang akan bertambah," kata Edo.

Dari segi operator, Kota Balikpapan sudah siap bahkan dari hitungan jumlah armada yang disiapkan di Kota Balikpapan bisa mencapai 100 unit.
 
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan sejumlah Kepala OPD serta awak jurnalis menjajal layanan Bus BCT (Antaranews Kaltim/HO-/Dishub)


Sebelumnya, Wali Kota Rahmad Mas'ud mengatakan operasional TEMAN bus di Balikpapan akan diperluas, tentu tidak bersinggungan dengan para sopir angkutan kota (angkot).

"Balikpapan nanti banyak memiliki jalan baru, dan saat ini dalam tahap pengerjaan. Salah satunya  adalah Jalan Mukmin Faisal yang akan menghubungkan Balikpapan Selatan, Balikpapan Timur, dan Balikpapan Utara," katanya.

Rahmad Mas'ud mengajak masyarakat Balikpapan  mari bersama-sama menjaga layanan TEMAN bus dan membiasakan diri menggunakan sarana transportasi itu.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024