Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menargetkan proses pengerjaan pedestrian atau pembuatan wadah pejalan kaki di Jalan MT Haryono, Balikpapan rampung pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan Rahmad setelah meninjau langsung proyek tersebut bersama Asisten Tata Pemerintahan Zulkifli, Asisten Perekonomian Pembangunan Kesra Andi M Yusri, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Rita dan Kepala Bappeda Litbang Murni, Selasa (3/9).

"Saat ini sudah bisa kita lihat sendiri prosesnya, maka kami optimis proyek ini rampung di akhir tahun," katanya.

Dalam inspeksi mendadak (sidak) itu, wali kota mengecek langsung kualitas bahan yang digunakan, termasuk untuk jalur khusus untuk akses penyandang disabilitas.

"Saya ingin pedestrian ini dibuat senyaman mungkin, dan ramah disabilitas," ujar Rahmad.

Menurutnya untuk menciptakan rasa nyaman, kawasan pedestrian juga akan dilengkapi dengan taman, bangku dan lampu penerangan, termasuk pohon penghijauan.  

“Jadi bukan akses jalannya yang kita lebarkan, tapi pedestriannya juga kita bangun sehingga masyarakat diajak untuk lebih berjalan kaki,” terangnya...

Rahmad  berharap jika proyek tersebut sudah rampung masyarakat diharapkan bisa menjaga keindahannya.

"Jangan nanti pedestrian itu malah digunakan untuk parkir, kami akan awasi terus itu khususnya dari Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan," tegas Rahmad,

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan Rita menambahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Telkom, PLN agar kabel-kabel yang berada di atas pendestrian agar dirapikan dengan cara dipindahkan ke dalam tanah.

“Kami siapkan kotak utilitas, agar kabel-kabel yang semrawut dirapikan, dan tidak ada lagi kabel yang berada di atas,” ucapnya.

Rita menjelaskan untuk pengerjaan pendestrian dilaksanakan sepanjang 250 meter di sisi kanan dan kiri jalan MT Haryono, dengan lebar 68 meter.

Lanjutnya, untuk median jalan yang berada di tengah juga akan diperbaiki dengan panjang sekitar 430 meter. Adapun anggaran yang digunakan sekitar Rp10 miliar dari APBD Kota Balikpapan, dengan masa pekerjaan hingga Desember 2024..

Rita menambahkan bahwa Dinas PU Balikpapan juga akan melakukan pembenahan infrastruktur, terutama perbaikan jalan dengan cara pengaspalan atau overlay di beberapa wilayah Balikpapan, hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

“Target kita semua proyek fisik berakhir pada 15, 30 dan 31 Desember. Kami berusaha kejar target, anggaran fisik ini ada bantuan Keuangan, APBD Kota Balikpapan,” katanya...
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024