Penajam (ANTARA Kaltim) -  Pembangunan gedung SMK Negeri 4 Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan segera dilaksanakan pada Oktober 2014

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara Khaeruddin di Penajam, Rabu, mengatakan pembangunan gedung SMK Negeri 4 Waru akan diupayakan pada Oktober 2014 melaui proyek tahun jamak.

Ia mengatakan tahun ini sebenarnya tinggal dilaksanakan pembangunan fisiknya karena sudah ada beberpa tahapan yang telah dilakukan sebelumnya.

"Kami harapkan dapat terlaksana pada tahun anggaran 2014 ini.

Pemerintah sudah menyiapkan berbagai hal terkait pembangunan fasilitas belajar SMK Negeri 4 tersebut," ujarnya.

Dana untuk pembangunan sekolah tersebut, kata dia, sudah dianggarkan pada tahun lalu, namun ada beberapa kendala sehingga pembangunannya tidak dilanjutkan.

Pemerintah melalui Disdikpora, kata Khaeruddin, sudah mengusahakan pelaksanaan pembangunan SMK Negeri 4 sejak tahun 2002, lahan sudah dibebaskan sekitar tujuh hektare.

Tahun 2013, anggaran juga sudah tersedia untuk pembangunan, namun yang bisa dilelang hanya perencanaannya. Untuk pembangunan fisiknya belum bisa dilakukan pada 2013 karena mepetnya waktu, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pembangunan fisik.

Khaeruddin menyatakan, meskipun pembangunan sarana dan prasarana SMK Negeri 4 sudah rampung, namun gedung tidak bisa langsung difungsikan, karena berdasarkan peraturan proyek tahun jamak, bangunan bisa difungsikan setelah berjalan satu tahun setelah pembangunan.

Untuk itu, kata dia, Disdikpora tetap akan melakukan upaya agar kekurangan kelas di SMK Negeri 4 dapat segera teratasi dengan mencoba melakukan pembangunan beberapa ruang praktik siswa (RPS) yang tidak terakomodasi dalam program tahun jamak, akan dilakukan dengan penunjukan langsung (PL).

"Kami akan coba lakukan PL untuk pembangunan ruang laboratorium, bengkel dan ruang praktik komputer yang tidak masuk dalam proyek tahun jamak. Nantinya ruang itu difungsikan sementara untuk ruang kelas," kata Khaeruddin. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014