Empat pasang bakal calon bupati dan calon wakil bupati resmi mendaftar Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur menyusul pendaftaran tiga pasang di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir.

"Hari ini terakhir pendaftaran, dan tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati serahkan berkas pendaftaran," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara Ali Yamin Ishak di Penajam, Kamis.
 
Pendaftaran pasangan bakal calon peserta pilkada berlangsung pada 27-29 Agustus 2024. Pada hari pertama dan kedua, KPU Penajam membuka waktu pendaftaran pukul 08.00 WITA hingga 16.00 WITA. Sedangkan pada hari terakhir, pendaftaran dibuka pukul 08.00 WITA sampai 23.59 WITA.
 
"Hari pertama pendaftaran tidak ada yang daftar. Pada hari kedua, ada satu pasangan calon yang mendaftar, yakni Mudyat Noor-Abdul Waris Muin  sekira pukul 13.30 WITA," ujarnya.

Baca juga: Berkas lengkap empat bakal paslon Pilkada Penajam periksa kesehatan
 
Pasangan Mudyat Noor-Abdul Waris Muin diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem), serta didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai non-parlemen.
 
Kemudian pada hari ketiga, pasangan calon Desmon Hariman Sormin-Naspi Arsyad datang ke Kantor KPU Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mendaftarkan diri, sekira pukul 10.00 WITA.
 
Pasangan Desmon Hariman Sormin-Naspi Arsyad diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Amanat Nasional (PAN).
 
Sekira pukul 13.30 WITA pada hari yang sama, pasangan calon Hamdan Pongrewa-Ahmad Basir juga mendaftarkan diri di Kantor KPU Kabupaten Penajam Paser Utara. Mereka diusung Partai Demokrat dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), serta didukung Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Ummat, Partai Buruh, dan Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) sebagai partai non-parlemen.
 
Terakhir sekira pukul 14.30 WITA, pasangan yang mendaftarkan diri ke KPU Penajam adalah pasangan calon Andi Harahap-Dayang Donna Faroek. Andi-Dayang diusung Partai Golongan Rakyat (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai partai non-parlemen.

Baca juga: KPU Penajam: Peserta pilkada periksa kesehatan 30 Agustus-2 September
 

Partai yang dapat kursi maupun tidak dapatkan kursi (non-parlemen) di Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Ali Yamin Ishak, sudah habis tersebar di empat pasangan bakal calon peserta pilkada tahu ini yang telah mendaftar.
 
"Jadi dipastikan hanya empat pasangan bakal calon yang daftar peserta (pemilihan kepala daerah (pilkada), karena tidak ada pasangan bakal calon perseorangan yang serahkan berkas lolos syarat administrasi," kata Ketua KPU Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024