Sejumlah bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan maju sebagai peserta dalam Pilkada Balikpapan akan mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) pada hari terakhir pendaftaran, Kamis (29/8).

"Hingga pukul 16.00 wita hari kedua, belum ada pasangan yang mendaftar. Kemarin, kami kedatangan tim penghubung dari calon peserta yang mengonfirmasi kehadiran pada Kamis," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Prakoso Yudho Lelono, di Balikpapan, Rabu.

Prakoso mengatakan tiga pasangan calon akan mulai mendaftarkan diri yaitu pasangan dari Partai Golkar Rahmad Masud dan Bagus Susetyo. Mereka diperkirakan tiba di KPU pukul 14.00 Wita.

"Kalau Pak Syukri Wahid dan pak Sya'bani (Muhammad Sya'bani) itu mungkin pukul 16.00 Wita atau bisa jadi sampai di KPU pukul 17.00 Wita," ujarnya.

Pasangan terakhir yang akan mendaftar, menurut Prakoso, adalah pasangan yang diusung PDI Perjuangan yakni Rendi Susiwo Ismail dan Eddy Tarmo.

Prakoso mengatakan pasangan Rendi-Eddy akan mendaftar ke KPU pada malam haris sekira pukul 19.00 Wita.

Baca juga: Bapaslon petahana di Balikpapan akhirnya miliki pesaing

"Setelah kami konfirmasi ulang, mereka belum menentukan waktunya jam berapa, tapi kemungkinan tetap malam," tutur Prakoso.

Pendaftaran peserta Pilkada 2024 pada hari pertama 27 Agustus dan hari kedua 28 Agustus berlangsung pukul 08.00 Wita hingga 16.00 Wita. Sedangkan masa pendaftaran hari terakhir pada Kamis mulai pukul 08.00 wita hingga 23.59 wita.

"Tapi, saya harap sebelum pukul 23.59 Wita sudah selesai semua," kata Prakoso.

Dia memastikan tidak ada kendala terkait KPU dalam persiapan pendataran para peserta Pilkada Balikpapan. KPU terus berkoordinasi dengan semua pihak.

"Semoga semua tahapan terus berjalan dengan baik. Dari pihak pengamanan juga semua sudah siap," demikian Prakoso.

Baca juga: KPU Balikpapan buka pendaftaran Bapaslon selama tiga hari

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024