Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menerima berkas pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi.
 
"Penerimaan berkas ini dilakukan sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024. Dari hasil pemeriksaan, berkas bakal pasangan calon (bapaslon)  Isran-Hadi kami menyatakan lengkap," kata Ketua KPU Kaltim Fahmi Idris di Samarinda, Rabu.
 
Dikemukakan dia bahwa Jadwal pendaftaran berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 27 hingga 29 Agustus. Pendaftaran dilakukan dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA, dengan batas waktu terakhir hingga pukul 23.59 WITA di hari terakhir tahapan pendaftaran bakal pasangan calon.
 
Fahmi berharap agar seluruh pasangan calon yang memenuhi syarat segera mendaftar. Disampaikan dia, hari ini sudah ada yang mendaftar yakni pasangan Isran-Hadi, dan pihaknya berharap besok juga akan ada yang mendaftar.
 
"Hal ini penting untuk menghindari kotak kosong pada Pilgub Kaltim," ujar Fahmi.

Baca juga: Bawaslu RI: Kaltim dan empat provinsi lain punya tingkat kerawanan tinggi saat Pilkada
 
Ia melanjutkan, setelah berkas dinyatakan diterima dan lengkap, pasangan calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda pada pukul 07.00 Wita.
 
Diimbau Fahmi, pasangan calon juga diwajibkan berpuasa mulai pukul 22.00 Wita malam sebelumnya. Proses penelitian dan verifikasi ijazah atau dokumen yang diserahkan akan dilakukan pada tanggal 29 Agustus hingga 4 September, dengan tahapan kekurangan pada 6-8 September.
 
Penetapan pasangan calon dilakukan pada tanggal 22 September 2024, dan keesokan harinya, pada tanggal 23 September, dilakukan pengundian nomor urut.
 
"Masa kampanye akan dimulai pada tanggal 25 September dan berlangsung selama 58 hari," papar Fahmi.
 
Perwakilan Tim Pemenangan Isran-Hadi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ananda Emira Moeis mengungkapkan bahwa Isran Noor dikenal sebagai sosok yang cepat tanggap, lugas, dan tegas.

Baca juga: Sekdaprov Kaltim paparkan kesiapan gelar Pilkada 2024 ke Komisi II DPR
Perwakilan partai pengusung Isran-Hadi Ananda Emira Moeis beserta pengurus partai koalisi saat menyerahkan berkas pendaftaran Pilgub untuk pasangan Isran-Hadi kepada Ketua KPU Kaltim Fahmi Idris di Kantor KPU Kaltim, Samarinda, Rabu (28/8/2024). (ANTARA/Ahmad Rifandi)
 
Selama menjabat di DPRD Kaltim, ia menilai Isran Noor dan Hadi Mulyadi sebagai pertahana berhasil meningkatkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) secara signifikan, mencatat nilai fiskal terbesar dalam sejarah Kaltim.
 
"Terkait pendaftaran Pilgub, kami melihat pendaftaran berjalan lancar dan meriah. Kami sangat senang dengan antusiasme masyarakat dan berharap Pilkada m akan berlangsung aman dan damai," ujar Ananda.
 
Isran Noor sendiri menyampaikan keyakinannya bahwa pasangan calon Isran-Hadi akan menang.
 
"Kami didukung oleh enam partai, yakni PDIP, Demokrat, Gelora, Partai Hanura, Ummat, dan Perindo. Dengan kerja keras tim pemenangan, kami akan menjadikan Kaltim lebih baik," tegas Isran.
 
Baca juga: Polda Kaltim antisipasi kerawanan Pilkada serentak
Ia menambahkan bahwa visi dan misi pasangan calon Isran-Hadi melanjutkan isu dan program kerja dari periode sebelumnya. Meskipun ada perubahan-perubahan kecil, penuntasan visi dan misi yang belum selesai menjadi tanggung jawab mereka.
 
"Terkait strategi pemenangan, kami menyebutnya sebagai rahasia internal tim," tegas Isran. (Adv)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024