Salah satu dari 45 anggota legislatif Balikpapan jatuh pingsan beberapa saat sebelum menjalani pelantikan periode 2024-2029 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Senin (26/8).

Anggota DPRD tersebut adalah Rahmatia, dari Daerah Pilih (Dapil) 3  Balikpapan Barat setelah berhasil memperoleh suara sebanyak 5.015 dari partai Gerindra yang kembali terpilih untuk 5 tahun ke depan periode 2024-2029.

Rahmatia pingsan saat pemandu acara sudah memanggil seluruh anggota untuk diambil sumpah, saat itu, Rahmatia berada di baris paling depan seketika rebah.

Dia langsung dibawa keluar barisan untuk dilakukan penanganan oleh medis sebelum di sumpah sebagai anggota DPRD diucapkan. Meski demikian acara pelantikan anggota DPRD Balikpapan berjalan lancar.

Para anggota DPRD tersebut dilantik oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan, R Aji Suryo.

Sebelum pelantikan dimulai, Sekretaris DPRD Balikpapan Arfiansyah terlebih dahulu membacakan SK Gubernur Kaltim tentang pemberhentian anggota DPRD Balikpapan masa bakti 2019-2024 dan SK pengangkatan anggota DPRD Balikpapan Periode 2024-2029.

Anggota DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri dan Simon Sulean secara simbolis menandatangani berita acara, fakta integritas, dan penyematan pin anggota DPRD.

Pelantikan dengan sumpah jabatan ini disaksikan Wali Kota Balikpapan, unsur muspida, anggota OPD Balikpapan, undangan dari pemerintah provinsi Kaltim, keluarga anggota DPRD Balikpapan terpilih,  dan ribuan Ketua RT se-Balikpapan.

"Masa jabatan sebagai anggota DPRD adalah dimulai saat pengucapan sumpah atau janji, dan berakhir saat pengucapan sumpah atau janji di periode selanjutnya," kata  Ketua DPRD Balikpapan periode 2019-2024 Abdulloh dalam sambutannya.

Abdulloh kini menjadi Anggota DPRD Provinsi Kaltim dari partai Golkar setelah meraih suara terbanyak 48.180 suara pada Pemilu Legislatif  2024.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024