Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur membenahi sarana prasarana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung untuk naik kelas B, kata Penjabat (Pj) Bupati setempat Makmur Marbun.
 
Pemerintah kabupaten, jelas Makmur Marbun, di Penajam, Minggu, secara bertahap melakukan pembenahan RSUD Ratu Aji Putri Botung dengan meningkatkan layanan dan kapasitas ruangan.
 
Peningkatan sarana prasarana RSUD selain terhadap kualitas pelayanan dan penambahan ruang yang dibutuhkan seperti ruang rawat inap, fasilitas lainnya juga ditingkatkan seperti alat kelengkapan medis.
 
Alat kesehatan (alkes) di RSUD Ratu Aji Putri Botung perlu dilengkapi, menurut dia, serta sumber daya manusia (SDM) juga diberikan pelatihan untuk mengoperasikan alkes tersebut.
 
"Dengan kelengkapan peralatan medis dan SDM yang mumpuni RSUD dapat berikan layanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat," ujarnya lagi.
 
"Jadi bukan hanya gedung atau ruangan yang dibangun, tapi alat medis dilengkapi dan kemampuan SDM juga ditingkatkan," tambahnya.
 
RSUD Ratu Aji Putri Botung saat ini berada pada kelas C, dan peningkatan sarana prasarana yang dilakukan secara bertahap untuk menaikkan menjadi rumah sakit kelas B.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan.
 
Peningkatan sarana prasarana rumah sakit milik pemerintah kabupaten tersebut, ungkap dia, untuk meminimalisasi rujukan pasien ke rumah sakit di Kota Balikpapan.
 
Selama ini karena masih kurang sarana prasarana RSUD Ratu Aji Putri Botung, ia menimpali lagi, banyak pasien yang dirujuk ke rumah sakit di Kota Balikpapan.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2025 menyiapkan anggaran lebih kurang Rp200 miliar untuk melanjutkan pembenahan rumah sakit pelat merah itu, demikian Makmur Marbun.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024