Borneo FC Samarinda akhirnya bisa menang kembali di Stadion Batakan, Balikpapan. Pesut Etam melibas 3-0 Lions City Sailors, wakil Singapura di ajang Asean Club Championship Shopee Cup kali ini, Kamis malam.

Borneo FC bahkan sudah mencetak gol saat pertandingan baru berlangsung tiga menit. Striker asal Brasil Leo Gaucho memanfaatkan umpan bek naturalisasi generasi pertama, Stefano Jantje Lilipaly, dan sukses melesakkannya ke gawang Sailor yang dikawal kiper senior Mohammad Izwan bin Mahbub.

Unggul 1-0, Pesut Etam terus menekan. Menit ke-20 giliran legiun asing asal Brasil lainnya yang mencetak gol. Berguinho mencatatkan namanya ke dalam daftar pencetak gol Borneo FC. 2-0 untuk Pesut Etam dan kedudukan ini berakhir hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Lions City bermain keras untuk menahan gempuran Borneo. Gelandang asal Portugal Rui Miguel Guerra Pires akhirnya dikartu merah wasit Ko Hyungjin dari Korea di menit ke-53 setelah dua menit sebelumnya diganjar kartu kuning.

Kehilangan gelandang andalan, pelatih Sailor Aleksandar Rankovic coba mengubah irama permainan dengan menarik gelandang lainnya Muhammad Hami Syahin bin Said dan memasukkan Hariss Harun yang lebih senior dan lebih berpengalaman.

Perubahan ini cukup membuat Sailor meredam agresivitas Borneo, namun juga tidak cukup kuat untuk menembus jantung pertahanan Pesut Etam yang dijaga bek tim nasional Fajar Fathurrahman bersama Lilipaly dan pemain lugas Leo Guntara.

Sampai akhirnya Borneo yang terus di atas angin mendapatkan kesempatan lagi, Leonardo Gaucho sukses mencetak gol untuk kedua kalinya dan membuat Borneo unggul 3-0 di menit ke-80.

“Anak-anak sudah bermain luar biasa sesuai yang kami rencanakan,” kata pelatih Borneo FC Peter Huistra. Kemenangan meyakinkan itu  akan jadi modal menghadapi laga berikutnya di kandang Sailor. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024