Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur mengerahkan tim intelijen dan pengamanan siber untuk mengamankan rangkaian Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8).

"Tim itu dikerahkan untuk mengantisipasi potensi gangguan, baik fisik maupun siber guna mencegah segala bentuk ancaman," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi Yulianto, Sabtu (17/8).

Dia berharap berharap pelaksanaan upacara Detik-Detik Proklamasi di IKN menjadi simbol kebangkitan dan semangat persatuan bangsa, sekaligus menegaskan kesiapan Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan Indonesia.

"Kami segera memberikan respon cepat dan tepat," ujar Yulianto tentang pengamanan intelijen itu.

Sebelumnya, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanag Avianto mengatakan pengamanan rangkaian kegiatan peringatan HUT RI itu digelar dalam skala besar.

Baca juga: 2.000 personel Polda Kaltim amankan Upacara HUT Kemerdekaan di IKN

"Kegiatan itu menjadi prioritas utama Polda Kaltim, mengingat Upacara 17 Agustus itu adalah momen bersejarah karena pertama kali digelar di ibu kota baru Indonesia," kata Nanang.

Polda Kaltim telah mengerahkan ribuan personel dari berbagai satuan, seperti Satuan Brimob, Ditlantas, Ditreskrimum, serta Ditintelkam Polda Kaltim untuk menjamin keamanan saat pelaksanaan rangkaian peringatan HUT R.

Ribuan personel itu, menurut Yulianto, telah siaga di berbagai titik, termasuk di lokasi upacara utama, serta di jalur akses menuju kawasan IKN.

"Pengamanan itu dilakukan dengan standard operasi yang ketat, demi memastikan pelaksanaan detik-detik proklamasi berlangsung secara aman, tertib, dan lancar," ujar Kapolda.

Baca juga: Polresta Balikpapan kerahkan 167 personel amankan kunjungan Presiden Jokowi

Pengamanan rangkaian Upacara HUT RI di IKN mencakup pengawalan terhadap tamu-tamu penting, yaitu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan jajaran menteri kabinet, serta pejabat lain negara.

"Selain itu, personel juga melakukan pengamanan di area umum dan tempat kerumunan masyarakat yang turut merayakan peringatan kemerdekaan," tuturnya.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024