Para petani sawit di Kabupaten Paser saat ini mulai beralih ke tanaman pangan dan hortikultura karena alasan mudah merawat dan hasil panennya cukup menjanjikan. 

"Hasil panen tanaman pangan dan hortikultura lebih menguntungkan dan perawatannya lebih mudah," kata  Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser, Erwan Wahyudi,  di sela-sela kegiatan Farmers Field Day (FFD) bersama kelompok tani Buen Were Desa Kerang, Kecamatan Batu Engau, Senin (12/8). 

Pada kegiatan FFD itu  kelompok tani memanen  tanaman hortikultura seperti semangka, jeruk,dan belimbing. 

Erwan mengatakan kegiatan FFD  merupakan tempat diskusi pemerintah dengan petani setempat. Dari banyaknya kegiatan pihaknya tetap memerhatikan peningkatan ekonomi petani tanaman pangan dan hortikultura. 

"Guna mendukung kegiatan petani, diperlukan sarana alat dan mesin pertanian (alsintan)," katanya.

Dikemukakannya dari hasil pertemuan FFD tersebut ada beberapa petani yang membutuhkan alsintan. 

Erwan meminta kepada tenaga penyuluh lapangan dapat mendampingi para petani dalam pengusulan bantuan alsintan. 

"Kami minta teman-teman  penyuluh dapat membantu dan mendampingi mereka dalam pengajuan bantuan alsintan. 

Sementara itu Kepala Desa Kerang Sajirun Makhmud, berharap pertemuan semacam ini terus dilaksanakan guna mendukung kegiatan para petani. 

"Dengan kegiatan seperti ini diharapkan petani mendapatkan dukungan,  sehingga petani hortikultura mampu meningkatkan hasil produksi buahnya dan meningkatkan perekonomian khususnya di Desa Kerang," katanya.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024