Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih yang bertugas pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) tiba di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Jumat malam (9/8).
 
Dari pantauan ANTARA, tim Paskibraka itu memakai seragam jaket berwarna merah dan putih dengan bawahan berwarna hitam. Mereka sedang menunggu barang bawaan di ruang tunggu bandara bertaraf Internasional tersebut.
 
"Kami merupakan tim gelombang kedua. Tim gelombang pertama sudah mendarat siang menjelang sore tadi," ujar Kepala Departemen Peningkatan Kompetensi Duta Pancasila Paskibra Indonesia Pelaksanaan Pusat, Dede Sutrisna.
 
Dede menerangkan, tim gelombang kedua yang mendarat bersamanya sebanyak 38 anggota Paskibraka.
 
"Sama seperti gelombang pertama, jumlahnya 38 orang," ujarnya.

Baca juga: Diklat Paskibraka Kaltim fokuskan nilai toleransi peserta
 
Kedatangan tim gelombang kedua di Kota Balikpapan, menurut Dede, tim Paskibraka secara keseluruhan yang akan bertugas di IKN sudah lengkap.
 
"Total keseluruhan ada 76 orang," katanya.
 
Dia mengatakan, seluruh anggota tim Paskibraka itu tidak menjalani isolasi setelah tiba di Kaltim.
 
"Mereka semua menginap di Balikpapan dan besok langsung orientasi di lapangan. Lusa, pada 11 Agustus, kami langsung merapat ke Kota Nusantara dengan pengawalan aparat setempat," ujarnya.

Dede mengemukakan, seluruh putra putri paskibraka sudah menjalani pemusatan latihan (TC) di Cibubur pada 12 Juli sebelum bertugas di IKN .

"Jadi di IKN, mereka tinggal pemantapan. Insya Allah mereka sudah siap," demikian Dede.

Baca juga: 42 pelajar ikut seleksi Paskibraka Kaltim 2024

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024