Sejumlah 42 pelajar yang berasal dari 10 kabupaten dan kota di Kalimantan Timur mengikuti seleksi sebagai calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat provinsi dan nasional pada 2024.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim M Syirajudin di Samarinda, Selasa (14/5), mengatakan kegiatan ini untuk memilih para pelajar terbaik yang akan mengemban tugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

“Kobarkan semangat bersaing yang sehat dan sportif, karena ini perjuangan untuk menjadi yang terbaik,” katanya saat memberikan arahan pada Seleksi Paskibraka Provinsi dan Nasional Tahun 2024 di Samarinda itu.

Proses seleksi calon Paskibraka tersebut berlangsung di Samarinda selama lima hari, 13-17 Mei 2024.

Syirajudin meminta para peserta seleksi bersaing secara objektif dengan tidak saling menjatuhkan karena tujuan Paskibraka membentuk karakter moral dan kinerja yang mantap generasi muda.

“Ada kabar baik bahwa empat orang Paskibraka akan dikirim ke tingkat nasional ini luar biasa, karena biasanya Kaltim hanya mendapat jatah dua orang saja,” katanya.

Ia meminta tim seleksi tidak terpengaruh oleh pihak manapun dan memberikan penilaian secara objektif demi mengharumkan nama Kaltim.

Dia mengatakan pembentukan Paskibraka bukan sekadar pengibar bendera, tetapi hal jauh lebih penting tujuan kegiatan itu, yakni membangun generasi bangsa yang kuat, baik secara fisik maupun mental. (Adv)
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024