Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), menyiapkan tim rebana dan kesenian lokal menyambut kirab bendera duplikat pusaka Merah Putih dan teks proklamasi ketika tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan pada 10 Agustus 2024.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma di Balikpapan, Kamis, meminta penyiapan tim rebana menyambut kirab duplikat bendera pusaka Merah Putih dan teks proklamasi.
 
Selain itu pihaknya juga bakal menampilkan kesenian lokal yang melibatkan seluruh penggiat seni di daerah itu. 
 
Duplikat bendera pusaka Merah Putih dan teks proklamasi setelah tiba di Bandara Internasional SAMS Sepinggan Kota Balikpapan, langsung diberangkatkan menuju Istana Garuda Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. 
 
"Kami sudah jelaskan segala persiapan penyambutan kirab duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi itu kepada Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim," ujarnya.
 
Pemkot Balikpapan terus melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim serta Sekretariat Negara (Setneg) untuk acara penyambutan kirab bendera duplikat pusaka Merah Putih dan teks proklamasi di Kota Balikpapan.
 
"Kami berupaya maksimal untuk berikan yang terbaik sebagai kota pintu gerbang menuju Kota Nusantara," ucapnya.
 
Pihaknya juga menyambut para tamu undang acara kenegaraan yang digelar di ibu kota baru Indonesia, sehingga harus dipersiapkan secara maksimal.
 
Kota Balikpapan sudah siap menyambut tamu undangan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kota Nusantara,  mulai dari pintu masuk hingga dari fasilitas penginapan.
 
Pemkot Balikpapan, kata dia, juga sudah mempersiapkan 40 pasukan dari purna pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) untuk prosesi kirab dari Kota Balikpapan menuju Kota Nusantara.
 
Rute atau jalur kirab duplikat bendera pusaka Merah Putih dan teks proklamasi, dari Bandara Internasional SAMS Kota Balikpapan melalui jalan bebas hambatan (tol) menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) ibu kota baru Indonesia.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024