Stadion Batakan Balikpapan dicanangkan menjadi titik kumpul para tamu undangan Hari Kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dari luar Kalimantan Timur.

"Dari sana, para tamu akan diangkut menggunakan bus yang disiapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara," jelas Wakil Direktorat Lalu-Lintas Polda Kaltim Ajun Komisaris Besar Polisi Roni Mustofa di Balikpapan, Rabu (7/8).

Roni mengemukakan, bus itu akan mendapat pengawalan ketat dari jajaran Polda Kaltim untuk menuju ke IKN melalui rute yang telah disiapkan. Rute menuju IKN hanya ada satu akses utama yakni melalui Jalan Tol IKN.

Karena katanya jika melalui akses lain yakni jalan Samboja menuju Jalan Nasional Sepaku secara topografi sangat ekstrem, dan masih banyak warga yang beraktivitas.

Lanjutnya para tamu  melalui Tol Manggar, kemudian Tol IKN Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, dan Seksi 3B KKT Karingau-Simpang Tempadung.

"Kemudian melintasi Jembatan Pulau Balang, Simpang Rico, Simpang Pemaluan, dan Jalan Sumbu Kebangsaan," jelasnya.

Para tamu itu, kemudian akan diturunkan di RW 54 tepat di depan Memorial Park. Dari taman tersebut, kemudian diangkut menggunakan kereta otonom tanpa rel (Autonomus Rail Transit (ART) menuju tempat upacara.

"Di setip rute yang akan dilewati akan dipasang anggota terutama di pertigaan dengan harapan bila terjadi permasalahan atau kemacetan anggota ini bisa langsung mengurai kemacetan tersebut," tuturnya.

Roni menegaskan  pihaknya juga telah melakukan pelatihan sebanyak 166 personel untuk menuntaskan bila terjadi permasalahan dalam iring-iringan rombongan menuju ke IKN.

"Setelah pelatihan itu kami lanjutkan dengan simulasi agar mereka faham rute mana yang akan dilalui," jelasnya.

Lanjutnya, tak hanya itu, Polda Kaltim juga menyiapkan sebanyak 70 kendaraan yang sudah dipastikan benar-benar siap untuk bertugas.

"Kita lakukan pengecekan melalui mekanik ataupun bengkel, jadi satu demi satu kendaraan kita cek," ujar Roni.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024