Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur, mengharapkan pasangan calon (paslon) peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 agar menyusun visi, misi dan program sejalan dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) setempat.

"Partai politik diminta melihat dan pahami arah kebijakan daerah dalam RPJPD saat susun visi misi pasangan calon peserta pilkada," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar di Penajam, Sabtu.

Harapan itu disampaikan Tohar pada kegiatan sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 mengenai pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil Bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan sosialisasi menyangkut penyusunan visi, misi dan program bakal calon kepala daerah sesuai RPJPD.

Menurut dia, seluruh partai politik yang mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati setempat diharapkan memperhatikan visi misi yang disusun agar tidak melenceng dari RPJPD.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara Ali Yamin Ishak juga mengharapkan agar dalam penyusunan visi, misi dan program pasangan calon bupati dan wakil bupati mengacu pada RPJPD kabupaten setempat.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati harus menyusun visi misi sesuai RPJPD,  menurut dia, agar pembangunan kabupaten berkesinambungan setiap pergantian kepala daerah.

Dia mengakatan pilkada tahun ini ditekankan dalam penyusunan visi, misi dan program pasangan calon kepala daerah berdasarkan RPJPD agar ada sinergi yang baik dengan pasangan calon kepala daerah terpilih.

"Jadi ada kesinambungan pembangunan setiap era kepemimpinan daerah," ucapnya.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara berupaya melaksanakan pilkada 2024 agar berjalan aman dan damai, dan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mendapatkan amanah dari masyarakat untuk memimpin Kabupaten Penajam Paser Utara selama lima tahun ke depan dapat membawa perubahan.

"Kami harap pemimpin Kabupaten Penajam Paser Utara dapat bawa kemajuan dari seluruh pembangunan," kata Ali Yamin Ishak.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024