Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (TEMAN) bus dari Kementerian Perhubungan kembali beroperasi di Kota Balikpapan menjelang peringatan HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus mendatang.

"Kembali beroperasinya TEMAN bus ini juga masih dalam tahap uji coba," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan Adward Skenda Putra, Sabtu (27/7).

Di Balikpapan, Sarana Angkutan Umum Masal (SAUM) TEMAN bus ini dinamakan Balikpapan CIty Trans, dan sudah melakukan uji coba sejak awal Juli lalu untuk melayani sebanyak 3 koridor. Namun sempat dihentikan untuk dilakukan evaluasi pada pertengahan Juli.

Adward yang biasa disapa Edo mengemukakan, dalam operasional pada bulan Agustus mendatang, juga kembali dilakukan survei terutama untuk koordinat dan perangkat unit yang ada di bus.

"Kenapa di bulan Agustus, karena tentu ada banyak orang ke sini sebab upacara HUT RI dilaksanakan di Kaltim tepatnya di IKN, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dan di sini pasti juga ramai yang datang," katanya.

Dia mengemukakan untuk uji coba pada Agustus mendatang, penumpang masih tidak dikenakan biaya, hanya saja ada hal yang baru yang bakal diterapkan.

"Nanti penumpang ada simulasi semacam penggunaan uang elektronik," jelasnya.

menuturkan bahwa pihaknya juga sudah menggelar audiensi dengan perwakilan trayek angkutan umum di Kota Balikpapan mengingat sebelum dihentikan sementara juga sempat ada aksi unjuk rasa dari para sopir angkot.

"Semoga teman teman angkot mengerti bahwa sarana transportasi itu pilihannya di masyarakat, kami hanya mengajak untuk masyarakat menggunakan transportasi umum," tutur Edo.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024