Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menyiapkan tenaga kesehatan untuk disiagakan pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kami siagakan 80 personel, terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan tenaga kesehatan lain termasuk sopir ambulans untuk acara kenegaraan di Ibu Kota Nusantara," kata Kadinkes Kaltim dr Jaya Mualimin di Samarinda, Rabu.

Ia menerangkan para nakes tersebut akan bertugas pada 10 - 18 Agustus 2024 dan terbagi dalam 10 regu.

Menurut Jaya, pada 10 Agustus 2024 puluhan personel mulai dikerahkan untuk kirab Bendera Pusaka Merah Putih dari Kota Balikpapan menuju IKN. Sedangkan mulai 15 Agustus 2024 mereka bertugas penuh untuk upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 dan kembali ke instansi masing-masing sehari setelahnya.

Jaya mengungkapkan ke-80 nakes tersebut berasal dari RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo, Rumah Sakit dr. R. Hardjanto atau Rumah Sakit Tentara (RST), Rumah Sakit Siloam Kota Balikpapan, dan sejumlah puskesmas di kawasan IKN.

Selain nakes, pihaknya juga menurunkan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. Mereka akan dibantu oleh nakes dari Kodam VI Mulawarman yang bertugas di 10 pos kesehatan yang tersebar di 10 titik wilayah IKN.

“Rumah sakit juga didirikan di lapangan selama rangkaian acara kenegaraan di Kota Nusantara dengan kapasitas 140 tempat tidur,” tambahnya.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024