Nunukan (ANTARA Kaltim) -  Tim pemenangan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menemukan sejumlah kotak suara pemilihan presiden di Sekretariat KPU Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang tidak tersegel atau terkunci.

Sekretaris Pemenangan pasangan Prabowo-Hatta di Kabupaten Nunukan, Lukman AB di Nunukan, Minggu malam mempersoalkan adanya kotak suara yang ditemukan tidak terkunci lagi sebelum dilakukan pembukaan 48 kotak suara yang masuk dalam materi gugatan pasangan ini.

"Kami juga akan mempertanyakan kepada KPU (Nunukan) kenapa ada kotak suara (pilpres) yang sudah tidak tersegel atau tidak terkunci padahal belum dilakukan pembukaan sesuai rekomendasi MK," jelas dia.

Ia menegaskan, pihaknya menjadi curiga atas adanya kotak suara yang tidak terkunci tersebut padahal hasil konfirmasi dengan KPU Kabupaten Nunukan belum pernah dilakukan pembukaan kotak suara.

"Soal adanya kotak suara (pilpres) yang ditemukan tidak terkunci itu akan menjadi catatan bagi kami (tim Prabowo-Hatta)," ujar Lukman AB yang juga menjabat Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Nunukan ini.

Lukman AB juga berjanji akan menyampaikan kepada tim pemenangan Prabowo-Hatta di daerah itu, apakah dijadikan gugatan tambahan karena saat ini sedang berlangsung proses persidangan di MK.

Sekaitan dengan hal ini, dia mengatakan, semestinya KPU Kabupaten Nunukan tetap mengacu pada aturan penyelenggaraan pemilu (pilpres) dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan aturan sebelum diminta.

Pada kesempatan itu juga, Ketua KPU Kabupaten Nunukan, Dewi Sari Bahtiar mengakui menemukan sejumlah kotak suara yang tidak terkunci lagi.

Namun dia katakan lagi, hal itu kemungkinan telah terbuka pada saat masih berada pada penyelenggaraan di tingkat kecamatan atau lupa mengunci dan menyegel setelah dilakukan rekapitulasi suara.

Dewi sari Bahtiar mengungkapkan, adanya kota suara yang tidak terkunci itu hanya masalah teknis saja dan tidak mempengaruhi perolehan suara kedua pasangan capres-cawapres.

"Saya juga kaget setelah melihat ada kotak suara yang tidak terkunci dan tidak tersegel. Mungkin saja hal ini terjadi sewaktu diangkut menggunakan kapal dari kecamatan ke KPU (Nunukan)," elak dia.(*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014