Bupati Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, FX Yapan memberi apresiasi tinggi terhadap Duta Wisata dan Putri Pariwisata setempat atas komitmen mereka berkontribusi mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif daerah, karena sektor ini diyakini akan terus tumbuh. 
 
Apalagi secara nasional sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara, sehingga pariwisata di Kabupaten Kubar diharapkan ke depan juga bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian. 
 
"Tentu komitmen duta dan putri pariwisata ini harus mendapat apresiasi dari berbagai pihak, karena kaum muda selalu memiliki terobosan dalam berbagai hal, termasuk dalam promosi wisata baik secara langsung maupun melalui sosial media," ujar FX Yapan di Barong Tongkok, Sabtu. 
 
Dua sebelumnya, dalam Pemilihan Duta dan Putri Pariwisata Kubar 2024 yang digelar dinas pariwisata setempat, Annisa Asri Henly Putri terpilih sebagai Putri Pariwisata, kemudian Bogi Mukja Lanang Pranayoga sebagai Putra Duta Wisata, dan Jesselyn Akira sebagai Putri Duta Wisata
 
Kegiatan ini juga untuk menjaring talenta muda berbakat sebagai wakil Kubar untuk mengenalkan wisata daerah dari berbagai aspek, termasuk untuk memberdayakan kaum muda agar aktif karena diyakini bahwa mereka memiliki peran strategis dalam promosi pariwisata di berbagai kalangan, terutama kalangan sebaya.
 
"Melalui kegiatan ini, duta dan putri pariwisata tentu dapat membantu pemerintah untuk promosi wisata. Kami juga mengapresiasi para pihak yang telah mendukung kegiatan ini, termasuk perusahaan pertambangan seperti PT Bharinto Ekatama (BEK) yang memfasilitasi Pemilihan Duta dan Putri Pariwisata Kubar sejak awal hingga akhir," kata bupati. 
 
Fasilitasi yang diberikan oleh perusahaan dalam pemilihan tersebut antara lain karantina, pelatihan, dan outbound bagi para finalis, dengan materi pelatihan seperti membangun jiwa kepemimpinan, kepribadian, pelatihan memadamkan api dengan peralatan ringan, dan lainnya. 
 
Menurut Kristinawati, selaku Community Development Head PT BEK, pihaknya mendukung pemilihan duta wisata sebagai wadah untuk generasi muda dalam mempersiapkan sumber daya manusia agar mampu bersaing di industri pariwisata nasional, sejalan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang hadir di Kalimantan Timur.
 
Dukungan yang pihaknya berikan di pemilihan duta dan putri pariwisata ini seperti pembekalan bagi para finalis, kecakapan hidup dasar, komunikasi dasar serta praktik, kerja sama tim, membangun jiwa kepemimpinan, membangun kepercayaan dan integritas, dan lainnya. 
 
"Pola pikir generasi muda di Kubar terus berkembang dan memiliki optimisme untuk maju, bahkan kehadiran IKN pun turut mempengaruhi pola pikir mereka untuk meningkatkan daya saing," kata Kristinawati. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024