Tim Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Kaltim melatih kemampuan pengawalan menjelang upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara di lapangan Balikpapan Sport and Convention Center, Rabu (26/6).

"Pada rangkaian HUT Kemerdekaan RI di IKN, PJR  bertugas melakukan pengawalan para tamu Very Very Important Person (VVIP)," kata Kepala Unit VI Satuan Lalu-Lintas Polda Kaltim, Ajun Komisaris Polisi Muhammad Zulhijah di Balikpapan, Rabu (26/6).

Zulhijah mengatakan, dalam pelatihan tersebut juga diikuti tim Patroli dan Pengawalan (Patwal) Polda Kaltim, serta tim pengawalan dari 10 Polres di kabupaten/kota yang masih masuk dalam wilayah Polda Kaltim.

"Mereka yang mengikuti latihan tidak hanya dari Kota Balikpapan, tapi juga ada dari Kota Samarinda, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), bahkan hingga Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu)," katanya.

Zulhijah menjelaskan, selain untuk menyambut para tamu untuk menghadiri HUT RI di IKN, kegiatan itu juga merupakan rutinitas yang dilakukan setahun sekali.

"Jadi kegiatan ini adalah pelatihan kemampuan PJR dan Patwal jajaran Polda Kaltim yang dilaksanakan rutin setahun sekali," ucapnya.

Dia berharap dengan adanya pelatihan tersebut  rekan-rekan PJR maupun dari wilayah akan semakin meningkat kemampuannya dalam hal pengawalan.

Sebelumnya, Korps Lalulintas (Korlantas) Mabes Polri Irjen Pol Aan Suhanan pernah meninjau langsung kesiapan khususnya untuk lalulintas yang digunakan saat pelaksanaan upacara HUT RI di IKN.

“Peringatan upacara Hari Kemerdekaan RI ke-79 akan dilaksanakan di IKN Provinsi Kaltim, kami dari Korlantas melihat langsung ke IKN, termasuk jalur yang akan digunakan untuk menuju ke IKN.  Mulai dari Balikpapan sampai ke IKN, tempat acara Istana Negara, termasuk lokasi parkir dan sebagainya, “ katanya beberapa waktu lalu.
 
Pihaknya juga telah mendapatkan paparan dari Dirlantas Polda Kaltim untuk persiapan pengamanan dan pengawalan, rute dan perparkiran yang disampaikan secara komprehensif.
 
“Ada beberapa catatan yang kami berikan, agar persiapan lebih siap lagi, sehingga dalam pelaksanaannya bisa lebih baik,” ucapnya.
 
Aan Suhanan menambahkan, dalam pengamanan perayaan HUT RI ke-79 di IKN nantinya, akan dilakukan dua model pengamanan VVIP yang akan dilakukan TNI dan VIP akan dilakukan Kepolisian. 
 
“Saat ini semua sudah dipersiapkan, mulai dari personel, kendaraan yang akan digunakan, kemudian teknologi yang akan mendukung operasional manajemen pelaksanaan.  
Selain itu juga akan di Bawah Kendali Operasi (BKO) kan Pasukan Pengawalan Presiden (Paspampres) untuk pengamanan VVIP dan untuk VIP dikelola oleh Kepolisian," ujarnya.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024