Pemilihan Bujang Song dan Ngelok Bawe yang digelar Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, sebagai upaya mengajak anak muda atau generasi muda di daerah itu yang dikenal dengan sebutan Benuo Taka untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal.
 
"Ajang pemilihan Bujang Song dan Ngelok Bawe sebagai wadah untuk generasi muda tertarik untuk ikut lestarikan budaya," kata Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Sabtu.
 
Pemilihan Bujang Song dan Ngelok Bawe dengan peserta anak muda dan bakal menjadi duta budaya itu, kata dia, sebagai bukti bahwa generasi muda memiliki semangat dan komitmen untuk melestarikan kebudayaan.
 
"Bukan hanya mencari figur terbaik untuk menjadi duta budaya, tapi juga perlihatkan betapa besar peran kebudayaan dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara," ucapnya.
 
Bujang Song dan Ngelok Bawe yang terpilih menjadi duta budaya diharapkan dapat mempromosikan kebudayaan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan lebih baik.

Baca juga: Otorita IKN gelar kejuaraan tradisional sumpit demi pelestarian budaya
 
Peran dari Bujang Song dan Ngelok Bawe adalah  sebagai pemuda generasi penerus bangsa yang harus memegang teguh nilai-nilai kebudayaan yang ada.
 
Kabupaten Penajam Paser Utara adalah bagian dari keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga anak muda harus melestarikan dan mengelola kebudayaan sebagai daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.
 
"Kebudayaan warisan sangat berharga yang mencerminkan identitas, nilai-nilai, serta jati diri masyarakat dan harus terus dijaga kelestarian," cakap Makmur Marbun.
 
"20 peserta terpilih masuk babak penentuan pemenang kompetisi pemilihan Bujang Song dan Ngelok Bawe pada tahun ini," kata Kepala Dinas digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser Andi Israwati.
 
Pemilihan Bujang Song dan Ngelok Bawe merupakan agenda tahunan yang berlanjut hingga tingkat nasional, sebagai wadah generasi muda untuk menunjukkan kemampuan dan berkompetisi secara sehat di bidang kebudayaan dan pariwisata.
 
Pemenang pada pemilihan Bujang Song dan Ngelok Bawe itu bakal mewakili Kabupaten Penajam Paser Utara ikut ajang pemilihan duta budaya tingkat provinsi dan nasional, demikian Andi Israwati.

Baca juga: Kota Nusantara jadi muara berbagai macam etnis dan budaya Indonesia

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024