Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. 

Rakernis dihadiri oleh Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie Yulianto Putro, sejumlah Kasubdit serta seluruh Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas Polres  serta jajaran Polda Kaltim, insan pers dan Ketua KPU Kota Balikpapan Prakoso Yudho Lelono.

"Kerjasama antara Polri dan organisasi perangkat daerah (OPD) itu penting untuk menciptakan situasi yang kondusif selama masa tahapan Pilkada 2024. Kerja sama ini meliputi pengamanan lokasi pemungutan suara hingga penanganan potensi konflik," kata Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie dalam keterangan persnya, Kamis (20/6).

Dia mengemukakan, dalam upaya meningkatkan kompetensi personel, Polda Kaltim bekerja sama dengan salah satu media di Kaltim .

"Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang cara mendokumentasikan kegiatan kepolisian secara profesional serta menyebarluaskan informasi yang akurat kepada masyarakat," tuturnya.

Menjelang Pilkada ini kata Anggie, pihaknya juga memiliki program Polisi Warga serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

"Program ini bertujuan mendekatkan polisi dengan masyarakat, mendengarkan keluhan, dan membantu menyelesaikan masalah demi menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan wilayahnya masing-masing," katanya..

Anggie menegaskan, jelang Pilkada serentak tahun 2024 di Kalimantan Timur, pihaknya berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kaltim.

"Dengan kerja sama yang kuat antara Polri, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat, kita akan memastikan proses demokrasi berjalan aman, lancar, dan kondusif,” ujar Anggie.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024