Permintaan kamar hotel di Kota Balikpapan meningkat hingga dua kali lipat jelang penyelenggaraan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

"Permintaan kamar hotel bintang 4 dan bintang 5 di seluruh Balikpapan sudah hampir penuh. Sedangkan kamar di hotel bintang 3 dan bintang 2 masih tersedia," kata ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balikpapan, Soegianto, di Balikpapan, Rabu.

Soegianto menyatakan beberapa waktu sebelumnya diminta oleh perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) untuk menyediaka kamar bagi tamu penting (Very Important Person/VIP).

"Jadi, kamar untuk VIP juga sudah penuh," ungkapnya.

Pada pekan lalu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengungkap perayaan upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 berlangsung di dua lokasi yaitu di Istana Jakarta dan IKN.

Muhadjir menyebutkan upacara di IKN akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri presiden terpilih, sedangkan upacara di Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan diikuti wakil presiden terpilih.

Baca juga: Otorita IKN: Istana dan Hotel Nusantara siap 17 Agustus 2024

Perubahan agenda itu, menurut Soegianto, tidak mempengaruhi industri hotel di Balikpapan dan belum terkonfirmasi pembatalan pemesanan kamar.

"Sampai saat ini, kamar yang sudah dipesan belum ada pembatalan. Justru permintaan semakin banyak," katanya.

Mayoritas tamu yang memesan kamar untuk HUT RI ke 79, lanjutnya, juga sudah melakukan pembayaran penuh. 

"Sebagian besar sudah melakukan pembayaran dan mereka pun tidak menyatakan batal atau minta refund. Sampai sekarang masih berjalan normal," jelasnya. 

Soegianto menambahkan jumlah kamar hotel bintang 3, bintang 4, dan bintang 5 di Balikpapan sekira 4.000 kamar. Sedangkan hotel bintang 1 punya sekira 5.000 kamar. "Kami imbau para tamu untuk segera memesan kamar," katanya.

Sementara, General Manager Hotel MaxOne Balikpapan Zuwaini mengaku optimistis Upacara HUT ke-79 RI nanti akan tetap membawa banyak tamu ke Balikpapan, meskipun Presiden Joko Widodo menyatakan akan digelar di dua tempat secara teknis. 

Baca juga: Dampak IKN: Jalan mulus dan hotel selalu penuh

"Apalagi, nanti ada gelaran Nusantara Maraton pada 18 Agustus. Acara itu diikuti 5.000 peserta. Mereka tinggal di Balikpapan, sedangkan acara maraton di IKN," ujarnya.

Zuwaini menyatakan permintaan kamar di Hotel MaxOne mencapai puluhan unit setiap hari, terutama pada Agustus 2024.

"Meskipun ada beberapa tamu yang belum membayar penuh, tapi permintaan itu terus ada dan meningkat," demikian Zuwaini.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024