Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyalurkan bantuan 11 hewan kurban kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, untuk disembelih pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024.
 
"Kemensetneg memberikan bantuan hewan kurban sebanyak 11 sapi," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Sekda) Pemkab Penajam Paser Utara Daud di Penajam, Sabtu,
 
Sebanyak tujuh sapi kurban bantuan dari Kemensetneg itu, lanjut dia, telah ditentukan bakal disalurkan kepada tiga pondok pesantren dan empat masjid yang tersebar di empat kecamatan.
 
Kemudian sebanyak empat sapi kurban dari Kemensetneg bakal diberikan kepada tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat, di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) juga berikan bantuan empat sapi kurban," ujarnya.
 
Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Penajam Paser Utara ikut berpartisipasi menyumbang 30 sapi  untuk perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini.
 
PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), lanjutnya, juga memberikan bantuan hewan kurban kepada Pemkab Penajam Paser Utara berupa tiga sapi dan dua kambing.
 
"Pendistribusian hewan kurban PHKT akan dilakukan di wilayah kerja perusahaan itu di Kabupaten Penajam.Paser Utara," katanya.
 
Hewan kurban bantuan tersebut disalurkan kepada 11 pesantren dan di enam wilayah terdampak pembangunan Bandara Naratetama, prasarana penunjang transportasi Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia.
 
Berikutnya disalurkan secara merata kepada masjid-masjid utama di setiap kecamatan dan Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Secara keseluruhan, kata dia, Pemkab Penajam Paser Utara bakal menyalurkan hewan kurban sebanyak 48 sapi dan tiga kambing pada tahun ini.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024