Peristiwa kebakaran melanda sebuah rumah tingkat dua di RT 43 kawasan Sungai Ampal, Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Minggu (9/6) sore.

Supriyanto Ketua RT setempat mengatakan bahwa mendapat informasi kejadian itu sekitar pukul 17.45 wita. "Saya baru pulang arisan begitu sampai rumah ada api," katanya kepada wartawan.

Lantas sebagai ketua RT ia menggerakkan tim Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) dan memanggil  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan untuk penanganan.

Dia mengatakan di tempat tinggal yang terbakar itu terdapat satu Kepala Keluarga dengan 6 jiwa dan tinggal di rumah itu sejak 2014.

"Nah suaminya lagi berada di lokasi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Balikpapan Usman Ali mengatakan pihaknya menerima informasi kejadian itu sekitar pukul 18.00 wita.

"Kami terima informasi menjelang Maghrib, bahwa terjadi kebakaran di RT 43," tuturnya.

Usman mengatakan, untuk akses menuju ke lokasi kebakaran cukup mudah mengingat berada di jalan yang bisa dilalui pemadam.

Dari pantauan ANTARA, nampak mobil pemadam kebakaran berukuran kecil berjejer tiga berada di depan rumah yang terbakar, sementara unit besar mengepung api dari arah belakang.

Usman mengemukakan pihaknya mengerahkan armada baik dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balikpapan Tengah, maupun UPT Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Balikpapan Utara dan dibantu unit SAR Polda Kaltim.

"Kami kerahkan semua unit karena termasuk kawasan padat penduduk, dan kami berhasil menangani dalam 40 menit," jelas Usman.

Usman menerangkan yang terbakar hanya satu unit rumah lantai dua yang didominasi dengan bahan bangunan beton dan triplek serta kayu.

"Kawasan yang terbakar lebih dominan di lantai atas," ujarnya.

Dalam kejadian itu, Usman mengeluhkan padatnya masyarakat yang menonton peristiwa itu sehingga menghambat pergerakan armada BPBD yang bertugas.

"Kami himbau kepada masyarakat untuk menjaga jarak bila melihat, karena unit kami cukup besar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tuntas Usman.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024