Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimat Timur (Kaltim) Edi Damansyah menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi Z, terutama bagi siswa-siswi SMA sederajat melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
 
"Banyak nilai penting dan mendasar dalam kandungan butir-butir Pancasila. Kalau tiap butir ini diresapi untuk kehidupan sehari-hari, generasi muda tidak mudah terpengaruh budaya luar yang dapat meruntuhkan moral bangsa," kata bupati saat Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi pelajar SLTA di Tenggarong Seberang, Sabtu.
 
Pemkab Kukar, katanya, selalu membumikan Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada generasi muda, bukan hanya dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, ini karena disadari bahwa Pancasila memang sakti dan mampu menyatukan bangsa yang penuh dengan keberagaman.
 
Selain itu, Pemkab Kukar juga akan lebih gencar mensosialisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, untuk menumbuhkan rasa nasionalis, patriot, dan cinta Tanah Air melalui pendidikan formal maupun nonformal.
 
Memupuk rasa persaudaraan, toleransi, saling menghargai suku, budaya, dan moderasi beragama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bagian dari nilai Pancasila.
 
"Pemda juga memberi ruang luas bagi generasi muda untuk mengekspresikan keterampilan masing-masing, sebagai bagian dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan dalam kegiatan yang membangun karakter positif demi menularkan kebaikan bagi yang lain," katanya.
 
Ia mengatakan Pemkab Kukar dan DPRD telah menyusun Raperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, sebagai upaya untuk membumikan Pancasila dan wawasan kebangsaan.
 
Menurutnya, pesatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih, ditambah dengan globalisasi dan pergaulan bebas, hal ini bisa mengancam moral generasi Z, maka perlu meningkatkan edukasi dalam penerapan Pancasila demi menjaga kaum muda dari paparan negatif.
 
Sementara itu, peserta yang hadir dalam giat ini adalah Purna Paskibraka Kabupaten Kukar 2022, SMAN 1 Tenggarong, SMAN 2, SMAN 3, SMKN , SMKN 2, SMKN 3, SMK YPK, MAN, SMA IT, SMK Gerbang Raja, SMK Ketopong, MA PPKP Ribathul Kahil Timbau, dan anggota Pramuka Kwarcab Tenggarong.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024