Tiga rumah semi permanen terbakar di RT 10, Kelurahan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan tepatnya di seberang jalan masuk menuju Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Selasa (14/5).

"Kami menerima laporan dari warga sekitar pukul 17.30 WITA  telah terjadi kebakaran  di kawasan tersebut," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Bambang Subagyo

Dia menceritakan, setibanya di lokasi kejadian, rupanya akses sulit dijangkau mengingat titik api berada di tengah pemukiman, kemudian jalan menuju rumah yang terbakar tidak bisa dimasuki oleh kendaraan besar, karena terdapat pagar besi setinggi 2 meter yang membatasi dua gang tersebut.

"Maka kami memotong pagar itu dengan mesin gerinda, agar kami mudah menjangkau titik api," ungkapnya.

Bambang mengungkapkan akses air lagi-lagi menjadi kendala bagi BPBD dalam proses pemadaman

Menurutnya api baru berhasil dikuasai 1 jam kemudian, setelah BPBD mengerahkan lebih dari 5 unit mobil pemadam kebakaran baik dari unit kecil maupun unit besar.

"Kami kerahkan dari semua Unit Pelaksana Teknis (UPT), BPBD," ucapnya.

Bambang menuturkan di Balikpapan memiliki sebanyak 5 UPT,  masing-masing UPT Balikpapan Selatan, UPT Balikpapan Tengah, UPT Balikpapan Timur, UPT Balikpapan Utara, dan UPT Balikpapan Barat.

"Kami juga dibantu oleh Brimob Polda Kaltim yang mengerahkan personel dan mobil penembak air (water canon) serta unsur relawan," jelasnya.

Sementara itu Ketua RT 10  La Dina mengatakan dalam peristiwa kebakaran itu menghanguskan sebanyak 3 unit rumah yang semua terbuat dari kayu.

"Dari 3 rumah itu terdiri dari 5 Kepala Keluarga (KK) dan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah," sebutnya.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024