Stadion Batakan Kota Balikpapan dipastikan siap untuk digunakan Borneo FC Samarinda saat menjamu  Madura United dalam Championship Series liga I Indonesia

Kesiapan stadion itu dipastikan oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud  meninjau langsung Stadion Batakan bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Balikpapan serta manajemen tim dari Borneo FC," Selasa (14/5).

"Kami bersama Ponaryo Astaman dan Manajemen Borneo FC memeriksa langsung kesiapan hari ini,"  kata  Rahmad Mas'ud.

Dia ingin memastikan aset milik Pemkot Balikpapan itu selalu siap untuk mengadakan turnamen baik skala nasional maupun internasional.

"Alhamdulillah secara fisik sudah sudah keliatan, setelah kemarin digunakan sebagai markas sementara dari Borneo FC dan PSM Makassar," ujarnya.

Menurutnya, bila ada kekurangan pada stadion berkapasitas lebih dari 40 ribu penonton tersebut hanya pada pernak-perniknya. 

Saat peninjauan Rahmad  Mas'ud  membahas terkait sejumlah ruang yang berada di lantai dasar, dimana pada lantai dasar itu merupakan tempat parkir untuk kendaraan roda 4 khususnya.

"Nanti bisa digunakan sebagai kios Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), selain itu juga penginapan atau hotel yang kami kerjasamakan dengan pengelola pihak ketiga," jelasnya.

Adapun terkait penunjang lainnya seperti lapangan latihan diperkirakan rampung sebelum Agustus 2024. Lapangan latihan itu juga merupakan salah satu syarat untuk meningkatkan standar dari stadion Batakan untuk kegiatan kegiatan nasional maupun internasional.

Rahmad Mas'ud menegaskan Pemkot Balikpapan siap mendukung semua kelengkapan fasilitas olahraga, bukan hanya sepak bola, tetapi juga yang lainnya seperti sirkuit dalam waktu dekat ini akan ditindaklanjuti. 

"Pada laga Champions Series Liga I Indonesia dipastikan menggunakan asisten wasit video atau Video Asisten Refere (VAR), sehingga perlu dipastikan  Stadion Batakan memiliki sejumlah ruang untuk meletakkan kamera VAR," ucapnya.

Sementara Direktur Borneo FC Ponaryo Astaman menambahkan untuk VAR nantinya disiapkan oleh Panitia Penyelenggara (Panpel).Mereka sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan UPTD maupun dari pihak Liga Indonesia Baru (LIB).

"Semua sudah terkoneksi sehingga 19 Mei nanti sudah siap digunakan saat Borneo menjamu Madura United di semifinal Championship series Liga 1 2023," ujar Ponaryo Astaman.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024