Bupati Paser Fahmi Fadli meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Paser mempersiapkan atlet menyambut event bergengsi seperti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke-3 KORPRI Kalimantan Timur Tahun 2024 dan Porprov Kalimantan Timur Ke-8 Tahun 2026 yang akan diadakan di Kabupaten Paser.

"Saya berharap KONI Paser dapat mengambil perannya dengan berkoordinasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak yang terlibat guna kelancaran kegiatan tersebut," Kata Bupati Fahmi saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Paser masa bakti 2024-2028, Senin. 

Menurut Bupati Fahmi, momentum event bergengsi itu harus dimanfaatkan Kabupaten Paser untuk meningkatkan prestasi dan peningkatan perekonomian di Kabupaten Paser.

"Melalui olahraga kami ingin sektor lain seperti  pariwisata dan perekonomian meningkatkan. Seringnya event olahraga menciptakan pasar baru bagi UMKM di Paser. Selain itu, PAD juga berpotensi meningkat," ujar dia.

Dengan komitmen memajukan olahraga di Kabupaten Paser, Fahmi yakin Kabupaten Paser bisa menjadi sentra olahraga Kalimantan Timur.

"Hal itu ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sedang giat kami bangun seperti pembangunan venue. Kami juga sedang membangun beberapa fasilitas olahraga, UMKM dan seni budaya dalam satu kawasan yaitu wisata terpadu Sungai Tuak," paparnya.

Fahmi berharap kedepannya Kabupaten Paser dapat secara intens menggelar berbagai event olahraga baik tingkat daerah, provinsi, maupun nasional.

 "Tahun ini saja, kami menganggarkan untuk Disporapar sebesar Rp3 miliar, kami harap akan ada event olahraga dengan skala nasional yang bisa digelar," katanya.

Ketua KONI Kabupaten Paser yang baru, Katsul Wijaya dalam sambutannya menegaskan KONI akan selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Paser selaku mitra dalam mengembangkan dan meningkatkan potensi atlet si Kabupaten Paser.

'Kami harap ada hubungan yang intens ini akan terus terjaga dan lebih baik terlebih dengan adanya porprov 2026 yang akan dilaksanakan di Paser," pungkasnya. (Adv) 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024